Berita

    Tips! Merawat Ban Serep Mobil Agar Selalu Prima

    Beberapa orang mungkin sering mengabaikan ban serep mobil. Padahal, ban tersebut adalah barang darurat yang penting. 

    Lantas, hal yang lebih buruk adalah ketika Anda mengetahui cadangan ban Anda belum siap untuk melaksanakan tugasnya, membuat Anda mungkin terjebak di antah berantah dan susah.

    Pada umumnya, ban cadangan untuk sedan dan palka disimpan tepat di bawah lapisan bagasi dan terlindungi dari kerusakan eksternal. Namun, mereka masih bisa menderita kerusakan akibat kelembaban, kelembaban, dan panas. 

    Pada mobil truk, van, dan SUV, ban cadangan biasanya terpasang pada undercarriage belakang dan sangat terpapar pada lingkungan eksternal yang keras.

    Benjolan di jalanan sering dikaitkan dengan ban kempes. Selain itu, ban kempes sepertinya tidak pernah datang pada waktu yang tepat dan dapat merusak hari Anda dalam hitungan menit. 

    Tips Melakukan Perawatan Ban Serep Mobil

    Meskipun ban cadangan membutuhkan perawatan yang lebih sedikit daripada ban jalan sehari-hari Anda, mereka tetap membutuhkan perawatan sesekali. Pelajarilah tentang berbagai jenis suku cadang dan bagaimana Anda dapat merawat suku cadang tersebut.

    Suku cadang ban sementara juga dikenal sebagai "donat," tersedia dalam ukuran penuh atau kompak. Keduanya diproduksi dengan kedalaman tapak yang rendah sehingga rentan terhadap bahaya jalan dan proyektil. 

    Hal tersebut dimaksudkan hanya untuk keadaan darurat, tidak boleh dikendarai lebih dari 70 mil, dan tidak boleh melakukan perjalanan dengan kecepatan melebihi 50 MPH.

    Terdapat langkah-langkah sederhana yang harus diikuti untuk merawat ban serep mobil. Apa sajakah itu? Berikut adalah daftarnya:

    • Melakukan Pemeriksaan

    Periksa dan pastikan ban diamankan dengan benar dan ban mengandung tekanan udara yang tepat setiap sebulan sekali atau kapan pun Anda dapat mengaksesnya.

    Cek cadangan ban Anda setiap 1-2 bulan sekali atau segera setelah digunakan. Membersihkannya memungkinkan Anda untuk memeriksa kelainan, retak, dan melihat kebocoran.

    • Menggunakan Losion

    Gunakan pelindung atau losion berkualitas dengan perlindungan UV untuk memperpanjang umur karet dan mencegah pembusukan atau retak kering.

    • Mengukur Tekanan Ban

    Untuk memeriksa kebocoran, gunakan pengukur tekanan dan lihat apakah ban serep mobil Anda dapat menahan level tekanan udara yang disarankan. Tambahkan udara saat diperlukan.

    • Mengecek Udara yang Keluar