Berita

    Apa Itu Spare Part Aftermarket? Penjelasan dan Ciri-Cirinya

    Ada banyak sekali jenis produk sparepart mobil yang beredar di pasaran saat ini. Salah satunya adalah produk sparepart aftermarket yang ternyata cukup populer dan banyak dijadikan pilihan oleh para pengguna mobil. 

    Dibandingkan sparepart palsu, jenis sparepart macam ini ternyata jauh lebih direkomendasikan. Mari cari tahu lebih jauh apa sebenarnya suku cadang aftermarket ini dan seperti apa ciri-cirinya!

    Pengertian Sparepart Aftermarket

    Jika Anda sudah lama menggunakan mobil dan memahami tentang jenis-jenis sparepart, maka Anda pasti tahu tentang produk suku cadang OEM. OEM itu sendiri merupakan kependekan dari Original Equipment Manufacturer

    Produk ini merupakan suku cadang asli yang diproduksi secara langsung oleh pabrik asal produk tersebut atau perusahaan rekanan. Pada intinya ini merupakan jenis suku cadang asli. 

    Sementara itu suku cadang aftermarket merupakan versi lain dari suku cadang OEM. Suku cadang ini merupakan produk yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan pasar tertentu seperti untuk kebutuhan mobil custom dan balap. 

    Banyak orang menganggap bahwa produk suku cadang seperti ini memiliki harga yang jauh lebih terjangkau dari versi OEM. Namun perlu diketahui bahwa ada beberapa jenis produk yang harganya justru lebih mahal. 

    Berbeda dengan produk palsu, suku cadang aftermarket ini memiliki izin beredar secara resmi. Itulah mengapa Anda juga bisa mendapatkan produk tersebut secara legal dan tidak masalah menggunakannya. 

    Produk sparepart aftermarket ini akan mendapatkan izin dari manufacturer asal. Izin resmi tersebut berupa Certified Automobile Parts Association atau CAPA. Hanya saja produk ini dipasarkan dengan nama sendiri. 

    Bagaimana dengan kualitasnya? Ada banyak produk suku cadang aftermarket yang memiliki kualitas lebih bagus dari produk OEM. Jika memang ada dana yang memadai dan sesuai kebutuhan, maka produk ini bisa jadi pilihan. 

    Ciri-Ciri Suku Cadang Aftermarket

    Seringkali Anda akan merasa kesulitan saat harus membeli produk sparepart. Bisa jadi Anda tidak bisa membedakan mana produk suku cadang yang asli, palsu, dan aftermarket

     

    cara check spare part aftermarketfreepik.com

    Sebenarnya setiap produk suku cadang ini memiliki ciri khas masing-masing. Berikut adalah beberapa ciri untuk produk suku cadang aftermarket yang penting Anda ketahui:

    • Beredar dengan Merek Tersendiri

    Ciri pertama yang bisa Anda kenali adalah produk suku cadang aftermarket ini beredar dengan merek tersendiri. Anda bisa mencari tahu merek apa saja yang mengeluarkan produk suku cadang aftermarket tersebut. 

    • Memiliki Izin Resmi

    Sudah disebutkan sebelumnya bahwa produk ini memiliki izin edar yang resmi. Lain halnya dengan suku cadang palsu yang tidak akan dilengkapi sertifikat resmi karena memang beredar secara ilegal. 

    • Kualitas Produk Bagus

    Dari segi kualitas, produk suku cadang aftermarket ini memiliki kualitas yang cukup baik. Hal ini disebabkan oleh proses produksinya fokus untuk pasaran tertentu sehingga dibuat secara detail dengan hasil kualitas yang tinggi. 

    • Kemasan Rapi dan Presisi

    Biasanya produk suku cadang seperti ini memiliki kemasan yang sangat rapi dan presisi. Sama halnya seperti produk OEM yang dikemas dengan rapi, suku cadang aftermarket ini juga sama. 

    • Harga Cenderung Lebih Mahal

    Rata-rata harga suku cadang aftermarket lebih tinggi daripada produk sparepart OEM. Apalagi jika dibandingkan dengan produk suku cadang palsu yang rata-rata harganya jauh di bawah pasaran.