Berita

    Kenali Tips Berkendara Mobil di Malam Hari agar Tidak Ngantuk

    Kondisi tubuh yang fit merupakan salah satu faktor penting saat berkendara karena berkaitan dengan keamanan. Terlebih untuk yang berencana maupun yang terbiasa berkendara mobil di malam hari, Anda wajib memperhatikan kondisi fisik maupun mobil.

    Bagi yang berencana untuk berkendara di malam hari menggunakan mobil, sebaiknya simak terlebih dahulu artikel ini. Karena di sini kami punya tips bermanfaat untuk Anda.

    Cara Berkendara Mobil di Malam Hari

    Berikut ini kami sudah merangkum beberapa tips untuk Anda yang ingin mengendarai mobil di malam hari. Simak tipsnya agar berkendara lebih nyaman dan aman.

            1. Melakukan Persiapan

    Tips berkendara mobil di malam hari yang pertama yaitu melakukan persiapan dengan latihan. Namun sebelum itu, pastikan Anda tidur di siang hari 2 hari sebelum melakukan perjalanan jauh di malam hari.

    Mulailah latihan beraktivitas di malam hari. Latihan ini akan membantu Anda agar tetap fokus saat mengendarai mobil, karena mengendarai mobil di malam hari membutuhkan fokus yang lebih tinggi.

            2. Pastikan Kondisi Fisik Bugar dan Sehat

    Berkendaralah di malam hari hanya jika tubuh Anda sedang prima atau sehat. Selain itu, pastikan Anda melakukan latihan beraktivitas di malam hari beberapa hari sebelumnya.

    Jika diperlukan, silahkan Anda minum multivitamin untuk membantu badan tetap fit. Selain itu, jaga kualitas tidur dengan tidur di siang hari sebelum berangkat di malam hari.

            3. Selalu Menjaga Jarak

    Tips berkendara mobil di malam hari selanjutnya adalah dengan cara menjaga jarak aman dengan kendaraan lain yang ada di depan. Hal ini juga berlaku di siang hari, namun di malam hari harus lebih aware lagi.

    Lampu mobil tidak bisa mengimbangi cahaya matahari di siang hari. Artinya terkadang menggunakan lampu saja belum cukup dalam kondisi tertentu. Itulah kenapa Anda harus menjaga jarak dengan kendaraan untuk mencegah timbulnya kecelakaan.

            4. Memastikan Kondisi Lampu Mobil Optimal

    Pencahayaan mobil di malam hari sangat penting, khususnya bagian headlamp. Pastikan headlamp mobil Anda masih layak untuk digunakan. Jika lampu tersebut bermasalah, kami menyarankan untuk menggantinya sebelum berkendara mobil di malam hari.

    Meskipun lampu headlamp ini sangat penting, namun tidak disarankan untuk menggunakan bohlam yang dimodifikasi berlebihan. Gunakanlah lampu standar pabrikan dan sesuai peraturan dari pemerintah.