Berita

    Penyebab Dan Tips Menghilangkan Bau Apek Mobil

    Baik mobil yang jarang maupun sering dipakai bisa mengeluarkan bau tidak sedap. Tentu saja bau tidak sedap di dalam mobil sangat mengganggu perjalanan Anda. Namun Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa tips menghilangkan bau apek mobil, berikut ulasannya.

    Penyebab Bau Apek di Dalam Mobil

    Sebenarnya apa yang menyebabkan bau apek di dalam mobil? Ada beberapa hal yang menyebabkan mobil Anda menjadi apek, salah satunya adalah evaporator berjamur. Ketika kamu menyalakan AC dan tercium bau apek bisa jadi AC Anda terkena jamur. 

    Jamur dalam evaporator dapat menyebabkan bau tidak sedap. Selain itu, bau apek juga bisa timbul karena air evaporator merembes ke dalam karpet. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk rutin membersihkan evaporator. 

    Selain itu, bau tidak sedap lain juga bisa timbul karena rusaknya komponen mesin seperti pada bagian knalpot, masalah listrik maupun kebocoran bahan bakar mobil. 

    Cara Menghilangkan Bau Apek dalam Mobil

    Jika mobil Anda sudah mengeluarkan bau apek Anda bisa melakukan cara mengatasi bau apek dalam mobil berikut ini.

            1. Penyedot Kotoran

    Yang pertama Anda bisa menghilangkan bau dengan memakai penyedot debu atau vacuum cleaner. Bau tidak sedap bisa juga muncul karena remahan makanan atau sisa asap rokok di dalam mobil untuk menghilangkan debu dan kotoran tersebut Anda bisa memakai vacuum cleaner. 

    Bersihkan semua kotoran di dalam mobil mulai dari bagian jok sampai karpet lantai.

            2. Arang 

    Salah satu bahan alami yang bisa Anda pakai untuk menghilangkan bau adalah memakai arang. Arang sendiri sangat baik dalam menyerap bau sehingga tak jarang arang digunakan dalam filter udara. 

    Cara memakai arang ini mudah sekali yaitu ambil sekantung arang kemudian letakkan di dalam mobil selama beberapa hari dan mobil Anda akan kembali segar. 

            3. Soda Kue

    Bahan rumahan selanjutnya yang bisa Anda pakai untuk menghilangkan bau adalah baking soda atau soda kue. Ketika Anda menumpahkan sesuatu di karpet atau muntah di karpet apabila tidak dibersihkan dengan benar karpet akan mengeluarkan bau tidak sedap. 

    Anda bisa membersihkan tumpahan di karpet dengan memakai soda kue. Soda kue akan mengangkat noda dan bau tak sedap di karpet. Caranya sendiri yaitu tuangkan sedikit soda kue di karpet lalu gosok dan diamkan beberapa jam.