Berita

    Tetap Nyaman Cara Merawat Jok Kulit Mobil

    Cara merawat jok kulit mobil merupakan suatu hal yang jarang diterapkan oleh pemiliknya. Efeknya, jok menjadi tidak terawat dan rusak. Hal ini membuat pengendara maupun penumpang tidak nyaman dan tentunya mengganggu estetika interior mobil.

    Untuk menghindari hal di atas, maka sebaiknya terapkan cara-cara yang benar dalam melakukan perawatan jok mobil. Memang apa saja langkahnya? Temukan dalam informasi berikut!

    Tips dan Cara Merawat Jok Kulit Mobil 

    Merawat interior mobil sama pentingnya dengan menjaga eksterior dan mesin mobil. Berikut cara mudah membersihkan dan merawat jok kulit mobil:

    • Membersihkan Jok secara Rutin

    Perawatan jok kulit mobil tentu berbeda penanganannya dengan jok berbahan lain. Hal tersebut dikarenakan kulit memiliki tekstur halus yang sangat rentan menjadi kaku atau retak dan berubah warna apabila tidak dirawat dengan benar.

    Salah satu perawatan yang bisa dilakukan untuk jok kulit mobil agar selalu lembut dan mengkilap adalah dengan rutin membersihkannya paling tidak 2 kali dalam seminggu. 

    Debu atau kotoran yang menumpuk bisa menyebabkan permukaan jok menjadi kering, kaku dan kusam. 

    Cara membersihkan jok bisa diawali dengan mengeluarkan segala sampah atau kotoran dari seluruh area interior mobil. 

    Kemudian Anda bisa membersihkan permukaan jok dari kotoran dan debu dengan menggunakan kain microfiber atau vacuum cleaner. 

    • Menggunakan Kain Lembut 

    Dalam membersihkan permukaan jok Anda tidak boleh menggunakan sembarangan kain atau sikat. 

    Penggunaan sikat yang kasar dalam membersihkan jok kulit bisa menyebabkan kulit menjadi tergores atau robek. Oleh karena itu, pastikan Anda memakai kain atau sikat yang lembut ketika membersihkan jok.

    • Menggunakan Cairan Pembersih Khusus

    Saat membersihkan jok, mungkin Anda menemui noda membandel yang sulit untuk dibersihkan. Solusi yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan cairan pembersih khusus yang terjual di pasaran. 

    Cairan pembersih jok khusus biasanya mengandung bahan khusus yang tak hanya bisa menghilangkan noda, namun juga bisa menjaga kelembaban permukaan jok kulit mobil Anda. 

    Apabila Anda tidak memiliki cairan pembersih jok khusus, Anda bisa menggunakan campuran air dan cuka atau shampo khusus bayi untuk membersihkan jok kulit mobil Anda. 

    Caranya yaitu setelah membersihkan semua kotoran atau sampah, semprotkan cairan pembersih jok pada kain microfiber lalu usapkan ke seluruh permukaan jok mobil Anda.