Berita

    Tata Cara Penggunaan Sabuk Pengaman yang Benar

    Terkesan sepele namun sabuk pengaman memiliki fungsi penting untuk menjaga keamanan Anda selama berkendara. Penting sekali bagi Anda untuk mengetahui tata cara penggunaan sabuk pengaman yang benar

    Pemakaian sabuk yang tepat akan menurunkan risiko cedera bagi Anda saat terjadi kecelakaan dan guncangan di dalam mobil. Mari cari tahu seperti apa sebenarnya cara tepat untuk menggunakan sabuk pengaman tersebut. 

    Tata Cara Penggunaan Sabuk Pengaman yang Benar

    Setiap kali berkendara menggunakan mobil, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memakai sabuk pengaman. Sabuk tersebut akan menjaga posisi tubuh Anda dan melindunginya dari benturan saat terjadi kecelakaan. 

    Pemakaian sabuk pengaman ini juga sudah diatur dalam Undang-Undang yaitu UU Nomor 22 Tahun 2009. Berikut akan dibahas satu per satu mengenai tata cara pemakaian sabuk pengaman yang tepat. 

    • Tempatkan Sabuk Bagian Atas dengan Benar

    Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah posisi sabuk bagian atas. Saat memakai sabuk pengaman, posisikan bagian atasnya tepat di pundak. Sabuk bagian atas ini akan menjaga tubuh Anda dengan baik saat terjadi guncangan. 

    Banyak orang yang justru meletakkan sabuk pengaman bagian atas di belakang pundak. Ini bukan hal yang tepat karena posisi tersebut mengurangi efektivitas sabuk pengaman sebagai pelindung. 

    Perlu diketahui bahwa setiap mobil sudah dilengkapi sabuk pengaman yang didesain sesuai dengan bentuk bahu manusia. Jadi pastikan saja pemasangannya tepat terutama sabuk bagian atas benar-benar melindungi area pundak. 

    • Perhatikan Posisi Sabuk Bagian Bawah

    Jika posisi sabuk bagian atas sudah tepat maka berikutnya perhatikan sabuk bagian bawah. Seringkali sabuk bagian bawah dibiarkan begitu saja sehingga tidak bisa melindungi tubuh pengguna secara optimal. 

    Sabuk bagian bawah harus berada di atas pinggang. Nantinya sabuk ini akan membantu memberi kekuatan pada panggul supaya tubuh Anda tidak terlempar jika sewaktu-waktu terjadi benturan atau kecelakaan. 

    • Cek Posisi Duduk Anda

    Tata cara penggunaan sabuk pengaman yang benar juga harus memperhatikan posisi duduk pengendara. Pastikan posisi duduk Anda sudah tepat dan nyaman sehingga sabuk pengaman juga akan terpasang sempurna. 

    Anda sangat disarankan untuk duduk dengan posisi yang tegak. Pastikan posisi punggung sudah sejajar dengan sandaran kursi. Jika ingin menurunkan posisi jok, maka pastikan tidak berlebihan agar posisi sabuk pengaman tetap optimal. 

    • Pastikan Sabuk Pengaman Tidak Terpelintir

    Penting sekali untuk memastikan sabuk pengaman yang Anda pakai tidak terpelintir. Hal ini dilakukan agar sabuk bisa memberi perlindungan optimal bagi tubuh Anda ketika berkendara. 

    Pastikan Sabuk Pengaman Tidak Terpelintir

    Sabuk pengaman ini diharuskan untuk menempati posisi yang rata. Jadi tidak boleh ada bagian yang terpelintir apalagi di bagian dada atas dan paha atas. Selain fungsinya jadi tidak optimal, hal ini juga bisa membuat Anda merasa tidak nyaman. 

    • Kunci Sabuk Anda dengan Benar

    Selain memastikan posisi sabuk pengaman sudah tepat, Anda juga harus mengunci sabuk tersebut dengan benar. Pastikan bahwa kunci sabuk sudah mengeluarkan bunyi klik ketika Anda memasukkan slot kuncinya. 

    Selain memastikan adanya bunyi klik, Anda juga bisa melakukan uji coba. Cobalah untuk menarik sabuk dari bagian kuncinya. Jika sabuk terkunci dengan benar, maka sabuk tersebut tidak akan terlepas walaupun Anda menariknya.