Berita

    Berikut Ini Panduan Cara Kredit Mobil Bekas yang Aman

    Terdapat banyak cara untuk kamu bisa memiliki mobil, salah satunya adalah dengan melakukan kredit mobil bekas. Namun sebelum itu, kamu perlu pahami dan ketahui proses apa saja yang harus dilewati untuk bisa melakukan kredit tersebut. 

    Meskipun membeli mobil bekas, kamu perlu hati-hati dan waspada supaya tidak terkena oleh kasus penipuan. Artikel ini akan menjelaskan secara singkat tentang panduan cara membeli mobil bekas secara kredit yang aman.

    Cara Kredit Mobil Bekas yang Aman

    Lebih jelasnya, perhatikan tahapan atau cara aman di bawah ini sebelum memutuskan untuk membeli mobil bekas secara kredit.

    • Mencari Mobil Yang Dibutuhkan

    Sebelum melakukan kredit mobil bekas, kamu harus memilih terlebih dahulu jenis mobil mana yang akan sesuai dengan yang kamu butuhkan. Langkah pertama ini juga menjadi tahap di mana kamu harus memilih tipe mobil yang sesuai dengan keadaanmu, salah stunya adalah keadaan finansial. 

    Pertimbangan yang perlu dilakukan dalam menyesuaikan mobil ini dapat dilihat dari banyak sisi seperti merek mobil yang kamu inginkan, estimasi bunga yang diberikan, hingga harga kredit dan cicilan yang nantinya ditetapkan. Penyesuaian ini penting agar ketika kamu telah setuju untuk mengajukan kredit, kamu selalu bisa menyanggupi untuk membayar cicilan.

    • Menentukan Lembaga Pembiayaan Yang Terpercaya

    Setelah menemukan mobil bekas yang kamu ingin beli secara kredit, maka langkah selanjutnya adalah menentukan bank atau leasing yang telah terpercaya. Biasanya apabila kamu mengajukan kredit mobil bekas di sebuah dealer atau showroom, mereka telah bekerja sama dengan beberapa lembaga pembiayaan. Sehingga kamu bisa memilih lembaga pembiayaan mana yang cocok dengan kondisimu.

    Dalam tahap memilih lembaga pembiayaan, kamu harus memperhatikan dengan seksama terkait informasi-informasi dimulai dari proses hingga syarat pengajuan yang tentunya berbeda untuk masing-masing lembaga pembiayaan. 

    Ketahui dan pelajari terlebih dahulu simulasi kredit dari masing-masing lembaga pembiayaan. Kamu juga perlu untuk memperhatikan tingkat keamanan yang ditawarkan oleh pihak lembaga pembiayaana yang nantinya akan kamu pilih.

    • Memilih Asuransi

    Selain memilih lembaga pembiayaan, kamu juga perlu memilih asuransi yang akan memberikan perlindungan terhadap mobil yang akan kamu beli secara kredit tersebut. Hal yang menjadi poin penting ketika memilih jenis asuransi untuk mobil kredit adalah jangka waktunya. Sebisa mungkin untuk mencari asuransi yang memiliki jangka waktu yang sama dengan jangka waktu kamu mencicil mobil.