Berita

    Featured Image

    Baru atau Bekas? Mana yang Lebih Cocok untuk Mobil Pertama

    Baik baru atau pun bekas, membeli mobil pertama sebaiknya sudah melalui pertimbangan yang matang. Kedua tipe mobil memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing sehingga bisa Anda cocokkan dengan preferensi pribadi. 

    Oleh karena itu, pahami berbagai kelebihan dan juga kekurangan dari mobil baru serta mobil bekas sebagai berikut:

    Kelebihan Membeli Mobil Baru untuk Mobil Pertama

    Mulai dari jaminan kualitas hingga kepraktisan administrasi, kelebihan mobil baru di bawah ini penting untuk Anda pertimbangkan:  

    • Kualitas Lebih Terjamin

    Mobil baru umumnya lebih terjamin secara kualitas. Sebab, mobil masih dalam kondisi terbaiknya. Terlebih bila Anda membeli mobil edisi terbaru yang teknologinya lebih mutakhir. Seperti sensor parkir, navigasi canggih, hingga fitur keamanan otomatis.

    • Tersedia Garansi Resmi

    Membeli mobil baru akan otomatis memberikan Anda garansi resmi untuk berbagai bagian mobil. Mulai dari body, mesin, hingga suku cadangnya. Garansi akan menjadi perlindungan ekstra bagi Anda apabila terdapat masalah pada jangka waktu tertentu.

    • Dapat Servis secara Gratis

    Kelebihan mobil baru berikutnya adalah penawaran layanan purna jual dari perusahaan mobil terkait. Salah satunya servis mobil secara gratis selama jangka waktu yang ditentukan setelah tanggal pembelian mobil. Selain menghemat biaya, kondisi mobil pun akan terjaga kualitasnya. 

    • Administrasi Lebih Praktis

    Melihat dari segi administrasi, pembelian mobil baru lebih praktis karena dibantu oleh pihak dealer. Berbagai surat dan dokumen penting akan diurus dengan baik sehingga Anda terhindar dari proses yang cukup rumit. 

    Kekurangan Mobil Baru

    Tetapi, mobil baru juga memiliki kekurangannya sendiri seperti di antaranya:

    • Biaya Awal Lebih Tinggi

    Biaya awal pembelian mobil baru cenderung lebih tinggi, terutama jika membayar secara tunai. Bila budget Anda terbatas, maka membeli mobil baru menjadi hal yang perlu dipertimbangkan dua kali. 

    • Perlu Melalui Waktu Tunggu sebelum Digunakan

    Mobil baru umumnya perlu melalui proses penerbitan plat baru serta dokumen berbentuk surat. Proses tersebut cukup memakan waktu, itulah mengapa Anda tidak bisa langsung menggunakan mobil baru setelah membelinya. 

    Jika membutuhkan mobil dengan cepat, maka kekurangan satu mobil baru satu ini mungkin harus Anda pertimbangkan. 

    Kelebihan Membeli Mobil Bekas untuk Mobil Pertama

    Adapun mobil bekas menawarkan kelebihan yang tidak kalah menarik, terutama bagi Anda yang memiliki budget terbatas. Simak selengkapnya di bawah ini:

    • Biaya Awal Lebih Terjangkau 

    Harga mobil bekas lebih terjangkau daripada mobil baru. Anda bisa mendapatkan kualitas dan fitur mobil yang tidak jauh berbeda namun dengan harga lebih rendah. Namun, pastikan Anda selektif saat memilih mobil bekas agar terhindar dari penipuan.

    • Depresiasi Harga Rendah

    Pada periode pertamanya, mobil baru akan mengalami depresiasi harga yang cepat. Tetapi, mobil bekas telah melewati periode tersebut. Ini memungkinkan depresiasi harga yang lebih rendah. Jadi, Anda akan mendapatkan nilai lebih tinggi melalui pembelian mobil bekas.

    • Nilai Pajak Cenderung Rendah

    Mobil bekas bernilai pajak lebih rendah, sebab nilai penjualannya telah mengalami penurunan. Asuransi mobil bekas pun umumnya lebih murah karena penurunan nilai pasar.

    Kekurangan Mobil Bekas

    Sementara itu, mobil bekas kurang unggul dari hal berikut ini:

    • Kualitas Tidak Terjamin

    Pemeriksaan secara menyeluruh tidak menjamin mobil bekas bebas dari kerusakan. Khususnya jika Anda kurang berpengalaman dengan mobil secara teknis karena rentan tertipu.

    • Butuh Biaya Ekstra untuk Perbaikan 

    Anda mungkin akan membutuhkan biaya ekstra di waktu mendatang untuk memperbaiki fitur atau suku cadang mobil yang tidak lagi prima. Bila biaya perbaikan lebih tinggi dari biaya pembelian, Anda akan mengalami kerugian pada akhirnya.