Berita

    Featured Image

    Mobil Mogok di Tengah Jalan Tol? Ini Solusinya

    Mobil mogok di tengah jalan tol pasti akan membuat siapa saja merasa panik. Anda mungkin juga pernah mengalami kejadian seperti ini dan tidak tahu harus berbuat apa. Situasi bisa jadi lebih parah jika Anda sedang berkendara sendiri. 

    Siapa saja bisa mengalami insiden seperti ini jadi sebaiknya Anda selalu waspada. Pastikan Anda tahu apa saja yang sebaiknya dilakukan jika tiba-tiba mobil mogok ketika berada di jalan tol. 

    Solusi saat Mobil Mogok di Tengah Jalan Tol

    Masalah mobil mogok memang bisa membuat pengendara jadi cemas. Apalagi lokasi mogoknya di tengah jalan tol yang biasanya sepi dan hanya dilalui kendaraan-kendaraan dengan kecepatan tinggi. 

    Jika mobil Anda tiba-tiba mogok di tengah jalan, tidak perlu bingung. Langsung saja lakukan beberapa hal ini untuk mengatasinya!

    • Jangan Panik

    Pertama-tama jangan panik dulu. Mobil mogok memang situasi yang seringkali langsung membuat seseorang langsung merasa panik.

    Tapi lebih baik Anda tenang karena kepanikan tidak akan menjadi solusi yang tepat dalam kondisi tersebut. 

    Tetap berpikir positif dan tarik napas panjang. Jika Anda tenang maka Anda bisa lebih mudah melakukan hal-hal lain yang memang seharusnya dilakukan saat mobil mogok. 

    • Menepi dan Nyalakan Lampu Hazard

    Anda harus segera berpikir untuk menepi terlebih dahulu. Carilah baju jalan agar mobil Anda tidak mengganggu kendaraan lain yang melintas. Apalagi di jalan tol rata-rata kendaraan melaju dengan kecepatan tinggi. 

    Menyalakan Lampu HazardFreepik.com

    Jangan lupa nyalakan juga lampu hazard sebagai tanda bahwa mobil Anda akan menepi. Lampu ini juga menjadi isyarat bagi pengemudi lain bahwa Anda dalam kondisi darurat. 

    • Pasanglah Segitiga Pengaman

    Penting sekali untuk memberi peringatan atau tanda kepada pengguna jalan lain bahwa mobil Anda sedang mogok. Tujuannya agar mobil Anda tetap aman walaupun dalam posisi berhenti. 

    Anda bisa memasang segitiga pengaman dengan jarak kurang lebih 5-10 meter dari posisi mobil. Segitiga pengaman ini akan memberi tanda atau peringatan kepada pengendara lain bahwa ada mobil Anda yang sedang mogok. 

    • Segera Keluar dan Cek Kerusakan Mobil

    Saat mobil mogok di tengah jalan tol, sangat disarankan untuk tidak menunggu diam di dalam mobil. Jika terjadi hal-hal tidak diinginkan misalnya saja percikan api di dalam mobil, paling tidak Anda sudah berada di luar. 

    Jangan lupa untuk segera mengecek kondisi mobil. Tentunya penting sekali untuk mencari tahu bagian apa yang rusak dan mengalami masalah. Jika bisa diatasi sendiri maka akan jauh lebih baik bagi Anda. 

    Periksa baik-baik kondisi mobil Anda agar tahu dimana masalahnya. Tidak perlu terburu-buru selama Anda sudah menepi atau sudah memasang segitiga pengaman. 

    • Panggil Jasa Derek

    Jika ternyata masalah pada mobil terlalu berat untuk dipecahkan sendiri maka Anda butuh bantuan. Segera panggil jasa derek mobil resmi jalan tol yang bisa membantu Anda.

    Sangat disarankan untuk memanggil jasa derek yang resmi dari penyedia jalan tol. Ini jauh lebih aman daripada Anda menggunakan jasa derek yang tidak tepercaya. 

    Jasa Marga menyediakan layanan mobil derek secara gratis sampai pintu tol terdekat. Selanjutnya Anda akan dikenakan biaya jika mobil masih harus diderek sampai ke lokasi bengkel terdekat. 

    Intinya jangan panik dulu jika mobil mogok di tengah jalan tol. Tenangkan pikiran Anda dan ambil solusi terbaik seperti yang sudah dijelaskan tadi.