Penyebab Mobil Matic Nyentak dan Cara Mengatasinya
Mobil yang menyentak pada saat dinyalakan tidak hanya terjadi pada mobil manual saja. Anda yang mengendarai mobil matic perlu waspada jika gejala seperti menyentak mulai muncul.
Apa yang menjadi penyebab mobil matic nyentak? Apakah jika terasa menyentak ada komponen yang rusak dan harus diperbaiki? Apakah biaya perbaikannya mahal? Anda mungkin sudah khawatir dan muncul pertanyaan-pertanyaan ini.
Jangan khawatir, karena ada beberapa penyebab dan rata-rata semuanya bisa diatasi. Anda hanya perlu tahu apa sumber penyebabnya.
Kenali Penyebab Mobil Matic Nyentak Dan Cara Mengatasinya
Tidak selamanya mobil matic yang menyentak disebabkan oleh komponen penting mesin yang rusak parah. Anda pun tidak perlu khawatir bahwa harus mengeluarkan banyak uang untuk penggantian komponen yang rusak tersebut.
Pasalnya penyebab mobil matic nyentak bisa saja hal sepele yang ternyata hanya butuh sedikit perbaikan. Tapi tetap perlu diingat, akan lebih baik untuk membawa mobil ke bengkel resmi terdekat agar pemeriksaan penyebabnya bisa dilakukan lebih teliti.
Berikut ini penyebab mobil matic nyentak yang paling sering terjadi
- AT Solenoid Yang Rusak
Transmisi mobil matic membutuhkan oli agar bisa bekerja dengan mulus. Supaya jumlah oli yang masuk ke transmisi jumlahnya tepat, maka dibutuhkan AT Solenoid. Komponen ini memiliki fungsi utama yakni mengaktifkan clutch dan brake di transmisi.
Fungsi tersebut dapat bekerja ketika aliran oli diatur sesuai dengan waktu yang pas sehingga lebih presisi. AT Solenoid sendiri bekerja dengan sistem elektrik yang mengikuti perintah Transmission Control Module atau TCM.
Apabila komponen AT Solenoid ini mengalami kerusakan, maka oli tidak akan mengalir. Akibatnya clutch dan brake tidak aktif, sehingga efeknya adalah mobil terasa menyentak. Apabila AT Solenoid ini rusak total, maka Anda harus menggantinya.
2. Oli Transmisi Kotor
Terkadang penyebab mobil matic nyentak adalah karena masalah oli transmisi yang sudah kotor dan perlu diganti. Perlu anda ketahui bahwa cara kerja mobil transmisi otomatis adalah dengan menggunakan sistem hidrolik. Sistem ini sangat mengandalkan oli matic untuk mengontrol transmisi. Jadi, apabila oli matic sudah kotor atau bahkan rusak, maka bisa dipastikan sistem kerja transmisi akan terpengaruh, sehingga tak jarang Anda mengalami perpindahan gigi secara otomatis.
3. Salah dalam Penyetelan Kabel Accelerator Kickdown
Apakah Anda menggunakan mobil matic versi lama? Jika iya, sebaiknya cek dulu pada bagian kabel accelerator kickdown. Kabel ini berada di bagian throttle valve yang menjadi satu bagian bersama kabel accelerator pedal gas. Kesalahan dalam menyetel kabel accelerator kickdown ini akan membuat mobil matic menyentak. Memang tidak mudah untuk menyetel kabel ini, sehingga harus dilakukan oleh teknisi yang profesional. Solusinya adalah dengan mengecek kemudian menyetel ulang kabel agar kondisi mobil matic kembali normal. Hanya saja penyebab mobil matic nyentak ini tidak akan Anda temukan pada mobil keluaran terbaru karena minim penggunaan kabel.
4. Brake & Clutch Aus
Sempat disinggung di atas bahwa dalam sistem transmisi terdapat brake dan clutch yang dikontrol oleh AT Solenoid. Kedua komponen ini terbuat dari susunan plat kopling basah. Brake akan bergerak demi mendapatkan perbandingan gigi yang diperlukan kendaraan. Sedangkan clutch akan menghubungkan antara torque sehingga dapat memindahkan momen mesin ke intermediate shaft. Begitu juga untuk memutuskan hubungan torque converter supaya menghentikan perpindahan momen mesin.
Kedua komponen ini bekerja dengan cara saling bergesekan, oleh karena itulah keausan adalah hal yang wajar. Pada saat brake dan clutch ini sudah aus maka kinerjanya tentu semakin terganggu. Karena tidak bisa bekerja dengan baik, maka mobil akan menyentak. Cara mengatasinya adalah dengan mengganti yang baru sehingga sistem transmisi bekerja dengan baik kembali.
5. Rasio Gigi Mundur
Pada model matic konvensional, supaya mesin bisa berfungsi dengan maksimal, maka dibutuhkan performa terbaik dari gigi mundur. Komponen ini juga berpengaruh pada perpindahan transmisi ketika Anda berkendara. Oleh karenanya, bila gigi mundur ini memiliki rasio yang tidak sesuai, maka hal tersebut bisa menjadi penyebab mobil matic nyentak. Tidak ada solusi yang tepat untuk mengatasi masalah ini kecuali dengan melakukan penyetelan ulang pada rasio gigi mundur.
6. Masalah Pada Komponen Elektrik
Kalau pada mobil lawas penyebabnya adalah accelerator kickdown, maka pada kendaraan keluaran anyar, pemicunya bisa karena masalah pada komponen elektrik yang kerap disebut sebagai Transmission Control Module (TCM). Di dalam TCM, terdapat banyak komponen komputer transmisi, akurator, dan sensor yang mengatur sistem kerja AT clutch dan brake dengan bantuan sistem tekanan hidrolik. Kalau satu saja dari bagian sistem elektrik ini bermasalah, maka mobil matic Anda akan nyentak.
Hampir semua penyebab mobil matic nyentak adalah kerusakan pada komponen di dalam mesin. Oleh karena itu, sudah pasti Anda harus membongkarnya untuk mengetahui sumber pemicu. Sangat disarankan Anda membawa mobil Suzuki Anda ke bengkel resmi di website https://www.suzukiaceh.co.id/ untuk menjalani pemeriksaan sekaligus perbaikan.