Berita

    Featured Image

    Mengenal Fungsi dari Odometer.

    Odometer merupakan salah satu panel pada dasbor. Alat ini berguna sebagai penunjuk jarak yang sudah ditempuh oleh sebuah kendaraan sejak awal digunakan. 

    Alat ini sering disalahartikan sebagai speedometer. Padahal, speedometer merupakan alat yang berbeda untuk menunjukkan kecepatan.

    Tak hanya sekedar menunjukkan jarak tempuh, alat ini juga mempunyai berbagai fungsi lainnya. Fungsi-fungsi tersebut dapat dilihat dalam ulasan berikut!

    Fungsi Odometer

    Berbagai fungsi alat ini yang lainnya masih berkaitan dengan penunjukkan jarak tempuh. Berikut di antaranya:

    • Membantu Servis

    Kita tahu bahwa setiap kendaraan butuh untuk diservis, seperti ganti oli dan lain sebagainya. Servis ini pun tidak bisa dilakukan sewaktu-waktu karena dapat merusak mesin dari kendaraan.

    Oleh sebab itu, biasanya servis akan menggunakan patokan jarak tempuh dari kendaraan yang dapat dilihat dari alat ini. 

    Jadi, misalnya kendaraan sudah menyentuh sekian ribu kilometer dan terlihat pada alat ini, maka sudah waktunya ia untuk diservis.

    • Jual Beli Kendaraan Bekas

    Jarak tempuh suatu kendaraan akan mempengaruhi performa dari kendaraan tersebut. Itulah mengapa, para calon pembeli kendaraan bekas perlu mengecek alat ini agar bisa memperkirakan kondisi kendaraan bekas yang akan mereka beli.

    Namun sayangnya, beberapa penjual kendaraan bekas berbuat curang. Mereka mengatur ulang alat ini agar tidak terlihat jarak tempuh yang sudah dilalui. 

    Biasanya hal ini terjadi pada alat yang berjenis analog. Mereka akan memerlukan alat khusus, yaitu odoreset

    Oleh sebab itu, para calon pembeli harus jeli dalam mengecek kendaraan bekas yang akan dibeli dan tidak hanya bergantung pada odometer. Misalnya, mereka harus mengecek kondisi ban mobil apakah masih mulus atau tidak. 

    Jika mobil sudah menempuh jarak yang jauh, ban akan mulai terkikis. Jika dibiarkan, maka bisa membahayakan nyawa.

    Selain itu, para calon pembeli juga harus memperhatikan fisik kendaraan. Fisik ini meliputi mesin, interior, maupun eksterior. 

    Jika kendaraan sudah menempuh jarak yang cukup jauh, maka hal tersebut akan mempengaruhi ketiga aspek tersebut. Misalnya, jok mobil yang sudah sobek, warna body yang memudar, dan lain sebagainya

    Para calon pembeli juga bisa mengecek tahun pembuatan kendaraan. Dari sinilah mereka bisa mengira-ngira berapa jarak yang harusnya sudah ditempuh oleh mobil tersebut.