Berita

    Simak Penyebab Setir Mobil Goyang

    Setir mobil Anda terasa goyang saat di jalan? Jangan panik dan tetaplah menyetir dengan tenang. Setir mobil goyang tentu menimbulkan rasa tidak nyaman saat Anda ingin mengemudikan mobil.

    Apalagi hal ini juga bisa beresiko menyebabkan kecelakaan yang dapat membahayakan penumpang, pengemudi dan kendaraan lain..

    Penyebab Setir Mobil Goyang dan Tidak Nyaman

    Untuk mencari solusi yang tepat dari permasalahan setir mobil yang goyang, Anda perlu mengetahui penyebab kemudi mobil goyang berikut ini.

    • Kehabisan Kampas Rem

    Penyebab pertama bisa disebabkan karena kampas rem mobil Anda sudah habis. Mobil sendiri memiliki 2 kampas rem yang berguna sebagai penjepit cakram dan sangat berhubungan pada fungsi pengereman. 

    Jika salah satu kampas rem mobil Anda habis maka bisa menyebabkan mobil menjadi tidak seimbang dan kemudi mobil goyang. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan mengganti kampas rem yang baru. 

    • Ban Menggelembung

    Penyebab setir mobil goyang bisa juga karena ban Anda menggelembung. Ban yang menggelembung bisa menjadi tanda jika ban mobil Anda sudah aus atau tua dan perlu segera diganti. Ban yang tidak rata tentu dapat menyebabkan kemudi Anda menjadi tidak nyaman dan goyang.

    Sebaiknya rutin ganti ban mobil Anda sebelum ban menggelembung karena kondisi tersebut bisa berbahaya bagi keselamatan Anda saat mengemudi. Umumnya ban perlu diganti paling tidak 3 tahun sekali.

    • Velg Roda Mobil Penyok 

    Selain karena kampas rem mobil yang sudah habis, setir mobil goyang juga bisa disebabkan karena velg mobil yang penyok. Sering berkendara pada kondisi jalan yang berlubang atau tidak rata sangat beresiko menyebabkan velg mobil menjadi penyok. 

    Velg yang penyok akhirnya menyebabkan mobil tidak seimbang dan akibatnya Anda akan merasa goyang saat mengemudi. Oleh karena itu, penting sekali untuk mengecek kondisi velg mobil Anda secara berkala. Jika velg mobil Anda penyok maka segera minta ganti di bengkel terdekat.

    • Kerusakan pada Link Stabilizer

    Tak hanya karena velg penyok, mobil terasa tidak nyaman dan kemudi goyang bisa disebabkan adanya kerusakan pada link stabilizer. Apa itu link stabilizer? Link stabilizer adalah komponen yang berfungsi untuk menahan mobil dari goncangan saat melewati jalanan yang buruk.

    Jika komponen ini rusak maka mobil akan mudah terguncang dan setir mobil goyang. Anda bisa mengecek kondisi link stabilizer ini di kaki kaki mobil. Apabila Anda mendapati ball joint komponen tersebut pecah atau rusak maka segera ganti dengan yang baru. 

    • Mobil Perlu di Spooring dan Balancing