Berita

    Jangan Disepelekan, Ini Fungsi Water Repellent pada Mobil Saat Musim Hujan.

    Water repellent adalah sejenis cairan tahan air yang dapat melindungi permukaan mobil, terutama bagian kaca samping dan kaca spion. Selain menggunakan wiper, cairan ini sangat penting untuk diaplikasikan pada mobil saat musim hujan.

    Pada dasarnya, cairan tahan air ini akan memberi efek khusus yang mampu mencegah air menempel di permukaan mobil. Bisa dibilang, cara kerjanya mirip seperti permukaan daun talas yang tidak basah meskipun terkena air.

    Fungsi Water Repellent pada Mobil di Saat Musim Hujan

    Pada dasarnya, cara kerja dari cairan repellent adalah dengan membentuk lapisan hidrofobik (anti air) sebagai lapisan pelindung yang membuat air tidak mudah menempel. Ini membuat air akan membentuk tetesan kecil yang lebih mudah mengalir dari suatu permukaan.

    Dengan teknologi ini, Anda dapat melindungi mobil dari kerusakan akibat air dan air hujan, contohnya karat dan jamur yang dapat mengotori bagian permukaan kaca dan cat mobil. Berikut ini rincian fungsi utama dari alat ini:

    • Melindungi Cat Mobil

    Jika mobil Anda sering terkena air hujan, hal ini bisa merusak cat mobil Anda dan membuatnya terlihat kusam. Untuk itu, cairan repellent dapat membantu melindungi cat mobil dari air hujan dan kerak yang terbentuk akibat pengaruh lingkungan.

    • Mencegah Jamur dan Karat pada Kaca

    Kaca mobil yang terus terkena air hujan dan kotoran lebih rentan mengalami kerusakan akibat jamur dan karat. Dengan mengaplikasikan cairan ini pada kaca mobil, air hujan dan kotoran akan terus mengalir dan tidak menempel pada kaca.

    • Membantu Menjaga Jarak Pandang

    Saat berkendara di musim hujan, Anda pasti pernah mengalami jarak pandang yang terganggu akibat gerimis atau hujan lebat. Agar wiper berfungsi lebih maksimal, Anda juga bisa menambahkan cairan repellent untuk menjaga jarak pandang.

    Cara Mengaplikasikan Water Repellent pada Mobil

    Lalu, bagaimana cara mengaplikasikan cairan repellent ke mobil Anda? Berikut langkah-langkah yang bisa dijadikan sebagai panduan:

    • Bersihkan Permukaan Mobil

    Pertama-tama, bersihkan permukaan mobil dan kaca dengan baik. Pastikan permukaannya sudah bersih dari kotoran, debu, dan minyak agar lapisan repellent dapat menempel dengan baik.

    • Pilih Jenis Water Repellent