Berita

    Ketahui Cara Menghilangkan Mabuk Kendaraan

    Apakah Anda suka mabuk kendaraan? Sepertinya tidak ada, ya? Pusing dan mual merupakan kondisi mabuk perjalanan laut, udara, atau darat yang wajar. Tanpa memandang gender dan usia, kondisi ini dapat dialami oleh semua kalangan.

    Tentunya, kondisi ini membuat pengalaman perjalanan Anda menjadi tidak nyaman. Jika Anda atau kerabat menunjukkan gejala pusing, mual, sakit perut, dan berkeringat dingin, cermati tips di bawah agar mabuk perjalanan bisa langsung diatasi.

    6 Tips Menghilangkan Mabuk Kendaraan

    Tiap orang memiliki respons berbeda ketika mengalami mabuk perjalanan. Namun, Anda bisa mencoba beberapa tips di bawah ini ketika pusing dan mual menyerang.

    • Mengatur dan Memilih Posisi Duduk

    Posisi duduk menghadap ke samping atau belakang bisa memperparah kondisi mabuk saat berkendara. Maka dari itu, atur dan ubah posisi duduk menjadi lebih nyaman.

    Hadapkan posisi duduk ke depan dan pilih letak kursi di sebelah jendela. Lebih baik lagi jika Anda memilih kursi terdepan atau menghadap lurus sesuai dengan laju kendaraan. Posisi ini dapat meminimalisir kemungkinan mabuk di perjalanan.

    • Hirup Bau Aromaterapi

    Bau aromaterapi, termasuk lavender, minyak kayu putih, lemon, kapulaga, dan adas dapat membantu mengurangi sensasi mual dan pusing. Pilih aroma yang paling cocok untuk Anda dan sediakan minyak esensial ini ketika diperjalanan.

    • Istirahatkan Mata dan Badan Sebentar

    Pertama, Anda perlu memejamkan mata dan tarik napas pelan agar badan bisa rileks sebentar. Jika Anda berada di dalam mobil atau bus, buka kaca jendela agar bisa menghirup udara segar.

    Di saat melakukan pemberhentian untuk makan, melakukan ibadah, atau istirahat, manfaatkan waktu ini untuk berjalan kaki. Tidak perlu lama, sampai kondisi mabuk kendaraan Anda mulai membaik saja.

    • Konsumsi Permen atau Jahe

    Permen rasa mint atau buah (lemon, jeruk, atau stroberi) bisa Anda konsumsi bila gejala mabuk perjalanan muncul. Permen rasa ini bisa dengan efektif mengurangi rasa mual.

    Hal ini disebabkan karena permen membantu menekan produksi asam lambung. Alhasil, rasa mual jadi berkurang. Anda juga dapat mengkonsumsi seduhan jahe. Aromanya pun bisa menenangkan tubuh.

    • Konsumsi Air Putih dan Makanan Ringan

    Setelah muntah di perjalanan, Anda diharuskan untuk memperbanyak minum air putih. Tubuh yang kekurangan cairan bisa memperburuk kondisi Anda. Oleh karena itu, perbanyak minum air putih untuk mencegah dehidrasi.