Berita

    Ikuti Tips untuk Merawat Ban Mobil

    Mobil tidak akan bisa jalan tanpa adanya ban. Karena itulah ban mobil adalah komponen paling penting dalam kendaraan. Bila ban dirawat dengan baik, Anda akan dapat menghemat uang dan bisa aman dalam melakukan perjalanan

    Merawat ban mobil juga akan menambah umur pakainya, meningkatkan efisiensi bahan bakar, meningkatkan performa berkendara, dan yang terpenting, berkontribusi pada keselamatan Anda dan penumpang. Jadi, ikuti tips merawat ban ini agar perjalanan bisa berjalan dengan lancar. 

    Tips untuk Merawat Ban Mobil

    Sebelum melakukan perjalanan pastikan kendaraan Anda dalam keadaan baik, apalagi ban harus aman agar selamat sampai tujuan. Berikut caranya:

            1. Jaga Agar Ban Tetap Terisi Angin dengan Benar

    Sebelum melakukan perjalanan, pastikan Anda sudah memeriksa angin ban terisi dengan benar. Pasalnya, bila angin berada di level bawah atau terlalu berlebihan akan dapat mengurangi akselerasi kendaraan, pengereman, dan mengganggu kenyamanan dalam menyetir. 

    Berikut panduan tekanan angin yang benar:

    • Jika angin ban terisi 70%, akan ada setidaknya satu ban yang mengalami masalah inflasi.
    • Jika angin ban terisi 23%, setidaknya akan ada satu ban yang kurang angin lebih dari 20%, dan ini akan meningkatkan konsumsi bahan bakar kendaraan serta mengurangi masa pakai ban.
    • Jika angin ban terisi 17%, setidaknya ada satu ban mobil yang mengalami peningkatan lebih dari 20%, yang mengakibatkan keausan ban yang berlebihan dan bisa berakibat buruk pada kendaraan.

            2. Periksa Ban Teratur, Terutama Sebelum Melakukan Perjalanan Jauh

    Ketika Anda memeriksa tekanan ban atau mencuci mobil, lakukan pemeriksaan fisik ban. Perhatikan apakah ada retakan pada tapak ban, muncul benjolan, atau mungkin ada paku kecil yang menancap sehingga membuat ban mobil bisa bocor. Jika Anda menemukan salah satunya, ban perlu segera diganti. 

    Jadi, sebelum melakukan perjalanan, pastikan untuk memeriksa kembali tekanan dan fisik ban sebelum meninggalkan rumah. Jauh lebih mudah untuk memeriksa ban dalam keamanan dan kenyamanan garasi daripada memeriksanya di sisi jalan raya. 

            3. Putar Ban Secara Teratur

    Untuk mempertahankan keausan tapak yang rata dan untuk mendapatkan masa pakai maksimal dari ban, putar ban secara teratur dan berkala. Setidaknya, putar setiap 6.000 hingga 8.000 km.