Berita

    Jangan Abai! Tips Merawat Mobil di Musim Panas

    Merawat mobil merupakan hal yang penting, supaya performanya tetap terjaga dengan baik. Berbagai tips merawat mobil perlu Anda terapkan untuk memaksimalkan perawatannya, termasuk ketika musim panas.

    Ketika cuaca panas, terdapat berbagai hal yang sebaiknya menjadi perhatian Anda dalam merawat mobil. Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, maka mobil akan semakin tangguh menghadapi perjalanan di musim panas yang terik.

    Tips Merawat Mobil di Musim Panas

    Berikut adalah berbagai tips yang bisa Anda perhatikan dan lakukan ketika musim panas, supaya kondisi dan performa mobil tetap terjaga dengan baik.

    • Perhatikan Perawatan Eksterior Mobil

    Sinar matahari yang panas, bisa memberikan berbagai dampak yang kurang baik untuk eksterior mobil, terutama bagian cat mobil.

    Supaya hal ini bisa diantisipasi, maka Anda bisa melakukan pemolesan bodi mobil secara rutin. Jika ingin perlindungan yang lebih maksimal, maka sebaiknya Anda melapisi mobil dengan pelindung cat.

    Selain itu, menjaga kebersihan eksterior mobil juga merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Ketika cuaca panas, berbagai jenis debu dan kotoran bisa saja berterbangan dan menempel di eksterior mobil Anda.

    Sebaiknya, Anda rajin mencuci mobil untuk memastikannya tetap dalam kondisi bersih. Lakukan pencucian mobil minimal sekali dalam seminggu, supaya mobil menjadi bersih dan tidak ada debu atau kotoran yang membandel.

    • Periksa Kondisi AC dan Cairan Pendingin

    Pastinya, AC memiliki peran penting ketika cuaca sedang panas, sehingga suhu dapat diatur sesuai dengan kebutuhan pengguna mobil. Untuk menjaga supaya performa AC tetap optimal, maka sebaiknya Anda bersihkan filter AC secara rutin.

    Selain AC, tingkat cairan pendingin juga perlu diperhatikan dengan baik. Sistem pendingin sangat diperlukan untuk menjaga performa mesin mobil.

    Oleh sebab itu, lakukan pemeriksaan secara rutin untuk sistem pendingin ini. Lakukan pemeriksaan ini ketika mesin mobil sedang mati dan dalam kondisi yang sudah dingin.

    • Parkirkan Mobil di Tempat yang Teduh

    Tips merawat mobil di musim panas selanjutnya adalah dengan memperhatikan  lokasi parkir. Supaya tidak terpapar matahari secara langsung dalam jangka waktu lama, sebaiknya Anda memarkirkan mobil di tempat yang teduh.

    Anda bisa memarkirkan mobil di dalam garasi yang tertutup, atau di bawah kanopi yang terlindungi dari sengatan matahari secara langsung. Hal ini berguna untuk menjaga berbagai eksterior serta performa mobil.

    • Cek Kondisi Wiper Mobil