Berita

    5 Cara Mencegah Spion Mobil Anda Dicuri

    Kaca spion pada mobil memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan keamanan saat berkendara. Namun, apa jadinya jika kaca spion mobil dicuri? Tentu hal ini sangat merugikan dan menyusahkan Anda sebagai pengguna mobil. 

    Spion merupakan salah satu bagian aksesori pada mobil yang cukup mudah untuk dicuri atau diambil orang lain. Oleh sebab itu, Anda perlu melakukan beberapa upaya agar spion mobil Anda tidak dicuri dan tetap berfungsi dengan baik. 

    Cara Mencegah Spion Mobil Dicuri

    Saat spion pada mobil dicuri maka Anda perlu menanggung kerugian. Biasanya bekas tempat kaca spion juga akan rusak dan Anda harus memperbaiki bodi mobil. Selain itu Anda juga harus mengganti kaca spion yang hilang dengan yang baru. 

    Sebaiknya lakukanlah beberapa upaya untuk mencegah pencurian kaca spion pada mobil Anda. Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan demi mencegah kondisi tersebut:

    • Parkir Mobil di Tempat Aman

    Usahakan untuk selalu memarkir mobil Anda di tempat yang aman. Posisi parkir akan sangat berpengaruh pada keamanan mobil Anda karena sebagian besar kejadian pencurian spion terjadi saat mobil diparkir. 

     

    spion mobil

    Pexels.com

    Dimanapun Anda berada, pastikan untuk memilih opsi tempat parkir yang benar-benar aman. Jika memang sulit untuk menemukan tempat parkir yang terjamin aman maka parkirlah di tempat ramai.

    Parkir di tempat yang ramai bisa mengurangi risiko terjadinya pencurian kaca spion. Paling tidak jangan meninggalkan mobil di tempat sepi karena bisa jadi banyak orang berniat jahat di tempat tersebut. 

    • Selalu Nyalakan Sistem Alarm

    Jika mobil Anda belum memakai sistem alarm maka segeralah memasangnya. Sistem alarm ini sangat penting untuk menjaga keamanan mobil Anda. Termasuk mencegah terjadinya pencurian kaca spion saat mobil diparkirkan. 

    Pastikan Anda memilih jenis sistem alarm mobil yang benar-benar berkualitas dan bisa diandalkan. Selain itu Anda juga harus memilih sistem alarm yang canggih sehingga lebih akurat dan bisa terhubung dengan smartphone.

    • Lipat Kaca Spion Anda

    Hal berikutnya yang dapat dilakukan demi mencegah spion mobil dicuri adalah melipat spion ke arah dalam saat parkir. 

    Ini merupakan sebuah tindakan yang sangat sederhana tapi ternyata cukup efektif untuk mengurangi risiko spion dicuri. 

    Banyak orang sering melupakan tindakan ini dan meninggalkan kaca spion terbuka begitu saja saat parkir. Ini bisa menarik perhatian pencuri dan membuat mereka lebih mudah mencuri spion Anda. 

    • Gunakan Pelindung Spion

    Tidak ada salahnya untuk memakai pelindung untuk menghindari spion mobil dicuri. Cara ini memang cukup ekstrem namun bisa jadi pilihan jika Anda sering parkir di tempat rawan. 

    Bisa jadi karena suatu kondisi Anda harus memarkirkan mobil di tempat yang rawan dan sepi. Lebih baik antisipasi saja dengan memasang pelindung pada spion seperti kawat bergerigi. 

    • Pasanglah Cover Mobil

    Bagi Anda yang harus memarkir mobil di area terbuka dan bisa dijangkau oleh banyak orang, cobalah memasang cover mobil. Apalagi jika Anda harus meninggalkan mobil tersebut untuk waktu yang cukup lama. 

    Cover mobil bisa melindungi mobil Anda dari hujan, panas, dan debu. Selain itu cover ini juga bisa menurunkan risiko pencurian spion karena bagian kaca spion akan tertutup.