Berita

    Tips Komunikasi dengan Mekanik Bengkel Agar Servis Memuaskan

    Cara komunikasi dengan mekanik menjadi kunci utama dalam mengatasi permasalahan yang terjadi pada mobil. Komunikasi yang tidak berjalan lancar biasanya menimbulkan kesalahpahaman dan membuat kerusakan tidak tertangani dengan baik.

    Agar hal tersebut tidak terjadi, maka Anda perlu mempelajari cara berkomunikasi yang baik untuk menyampaikan permasalahan yang dialami. Jadi, ikuti informasi mengenai beberapa tips cara berkomunikasi yang tepat dengan mekanik bengkel!

    5 Tips Komunikasi dengan Mekanik Bengkel 

    Tidak semua orang memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik sehingga memerlukan arahan untuk melakukannya. Komunikasi menjadi hal utama dalam menyelesaikan suatu permasalahan termasuk dalam proses perbaikan mobil.

    Jika ingin mobil Anda mendapat penanganan yang tepat coba terapkan cara komunikasi berikut ini:

    • Membuat Daftar Keluhan 

    Sebelum pergi ke bengkel dan bertemu mekanik Anda harus membuat daftar keluhan terlebih dulu. Mengapa harus membuat daftar keluhan? Supaya Anda bisa menjelaskan secara rinci mengenai masalah-masalah yang terjadi pada mobil tersebut.

    Sering kali pemilik kendaraan lupa dengan masalah-masalah pada mobilnya saat sudah sampai di bengkel. Dengan membuat daftar keluhan Anda tidak perlu khawatir dengan hal tersebut karena semua permasalahan sudah dicatat. 

    Jika tidak sempat menulisnya di buku catatan Anda bisa mencatatnya di ponsel agar lebih mudah dibawa. Sebelum berbicara dengan mekanik bengkel sebaiknya periksa catatan tersebut terlebih dulu untuk melakukan cross check

    • Menjelaskan Permasalahan Mobil dengan Jelas

    Saat melakukan komunikasi dengan mekanik bengkel sebaiknya tidak perlu tergesa-gesa agar Anda dapat berbicara dengan jelas. Utarakan permasalahan mobil secara perlahan-lahan agar mekanik bengkel bisa mencerna kendala yang terjadi.

    Saat berkomunikasi sebaiknya jangan menggambarkan garis besarnya saja tapi jelaskan juga rincian permasalahannya secara detail. Alhasil, mekanik dapat mendiagnosis kerusakan mobil dan mencari solusi yang tepat untuk mengatasinya. 

    • Diskusikan Biayanya sebelum Proses Perbaikan Dimulai

    Agar tidak terjadi kesalahpahaman sebaiknya lakukan diskusi dengan pihak bengkel mengenai perkiraan biaya yang dibutuhkan. Melalui diskusi ini Anda dapat mencari jalan keluar terbaik untuk menemukan solusi harga yang tepat.

    komunikasi dengan mekanik

    Jika perkiraan biayanya cukup besar dan belum sanggup membayarnya, coba mintalah opsi perbaikan lain yang dapat membantu mengatasi permasalahan tersebut. 

    Jangan lupa tanyakan mengenai biaya-biaya tambahan yang mungkin dibebankan pada pelanggan. Jika menggunakan asuransi kendaraan, coba tanyakan apakah bengkel tersebut masuk dalam cakupannya. 

    • Tanyakan Rincian Langkah Perbaikan yang Mereka Lakukan

    Saat proses perbaikan berlangsung, jangan ragu bertanya dan meminta penjelasan pada pihak bengkel dan mekanik. Mintalah penjelasan mengenai langkah-langkah perbaikan yang mereka lakukan pada mobil tersebut.

    Dengan melakukan hal tersebut, Anda akan merasa lebih yakin dengan tindakan yang dilakukan oleh pihak bengkel. Karena banyak pemilik mobil merasa curiga dengan proses perbaikan yang dilakukan pihak bengkel sehingga memicu kesalahpahaman. 

    • Cari Tahu Kapan Proses Perbaikan Selesai

    Setiap pelanggan pasti ingin mobilnya ditangani dengan cepat agar mereka bisa segera mengendarainya kembali. Lama tidaknya proses perbaikan mobil biasanya dipengaruhi oleh tingkat kerusakan dan kapasitas tenaga kerja di bengkel tersebut.

    Jika ingin mendapat kepastian sebaiknya tanyakan pada pihak bengkel berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memperbaikinya. 

    Beberapa bengkel menyediakan layanan sesuai tingkat urgensi pelanggan jadi tidak ada salahnya jika Anda meminta penanganan yang lebih cepat jika memang diperlukan. 

    Di bengkel resmi Suzuki, Anda akan mendapat penanganan yang cepat sesuai batas waktu yang telah dijanjikan. Meski proses pengerjaan yang cepat, hasil pengerjaannya sudah pasti maksimal karena ditangani mekanik andal.