Berita

    Mengenal Blind Spot pada Mobil

    Istilah blind spot atau titik buta mungkin sudah cukup umum bagi banyak pengendara mobil. Hal ini juga sering disebutkan ketika membahas tentang penyebab terjadinya kecelakaan.

    Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan titik buta tersebut? Lalu, apa saja contohnya dan bagaimana cara untuk mengurangi risikonya?

    Pengertian Blind Spot atau Titik Buta dan Contoh Lokasinya

    Sesuai dengan namanya, titik buta merupakan area dimana Anda sebagai pengemudi tidak bisa melihat keadaan dan objek di sekitarnya. Karena tidak terpantau oleh mata, hal ini bisa menjadi berbahaya bahkan bisa menjadi salah satu faktor yang menyebabkan kecelakaan.

    Titik buta pada setiap mobil bisa jadi berbeda, tergantung bentuk dan tipe mobil tersebut. Biasanya, semakin besar ukuran dari mobil, maka akan semakin besar juga area yang mungkin bisa menjadi titik buta.

    Karena memiliki berbagai risiko, menjadi penting untuk Anda memahami hal ini. Berikut adalah beberapa contoh lokasi dan kondisi yang bisa menjadi titik buta bagi pengendara mobil.

    • Tepat di Belakang Mobil

    Area tepat di belakang mobil bisa menjadi titik buta, terlebih jika pandangan kacanya tertutup. Hal ini menjadi umum untuk mobil sejenis dump truck dan mobil box.

    • Seperempat Sisi Belakang Ketika Berbelok

    Anda perlu mewaspadai seperempat dari sisi belakang mobil ketika sedang berbelok, area ini seringkali tidak terlihat.

    • Sisi Kiri dan Kanan Belakang Ketika Memakai Dua Jalur

    Ketika melintas di jalan dengan dua jalur, Anda perlu mewaspadai sisi kiri dan kanan bagian belakang, karena seringkali jarak pandangnya menjadi terbatas.

    • Pengendara Motor dari Belakang

    Pengendara motor yang menyalip dari belakang menuju ke arah depan mobil, terlebih ketika menyalip secara tiba-tiba, seringkali luput dan menjadi titik buta untuk mobil.

    • Pejalan Kaki pada Kondisi Jalan Macet

    Pejalan kaki yang melintas ketika jalanan macet juga bisa menjadi titik buta untuk berbagai kondisi. Jika pejalan kaki tersebut berusaha menyelip di antara berbagai kendaraan, seringkali luput dari pandangan pengemudi mobil.

    Cara Mengurangi Blind Spot

    Setelah memahami apa itu titik buta dan berbagai contoh lokasi yang bisa menjadi titik buta, maka Anda juga perlu tahu berbagai cara menguranginya. Inilah berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi titik buta.

    • Waspadai Berbagai Tempat Rawan