Berita

    Jangan Abai! Ini Tanda Kaca Film Mobil Anda Perlu Diganti

    Kaca film mobil merupakan komponen yang digunakan sebagai pelengkap untuk melindungi mobil. Jenis kaca ini berfungsi untuk meredam panas dan silau sinar matahari serta membuat kabin terasa dingin.

    Namun tahukah Anda? Kaca film pada mobil ini juga ternyata memiliki batas usia yang harus diganti secara berkala. Nah, untuk membuat kendaraan Anda tetap terasa nyaman dan aman, maka harus tahu waktu yang tepat untuk mengganti kaca tersebut.

    Tanda Kaca Film Mobil Harus Diganti

    Untuk mengganti beberapa komponen mobil seperti kaca film, Anda tidak harus selalu menunggu kaca tersebut rusak terlebih dahulu. Kaca mobil harus diganti apabila telah memiliki tanda-tanda seperti berikut:

    • Warna Terlihat Kusam dan Luntur

    Tanda pertama bisa dilihat dari warna pada kaca film yang tidak senada dan sudah kusam. Pada beberapa bagian di sekitar lapisan kaca sudah mulai terkelupas dan muncul gelembung udara.

    Kaca film yang sudah luntur akan mempengaruhi jarak pandangan pengendara pada kondisi jalan yang dilaluinya. Jika hal ini dibiarkan bisa beresiko terhadap kecelakaan lalu lintas sehingga harus segera diganti dengan kaca baru.

    • Terdapat Goresan Kaca

    Pernahkah Anda mendapati lapisan kaca terkena goresan atau robek? Jika mengalami hal seperti itu, maka segera lah mengganti kaca film dengan yang baru. Goresan menunjukkan kondisi serta kualitas permukaan kacanya yang telah menurun.

    Freepik.com

    Ini juga berpengaruh terhadap daya ketahanan dan perlindungan kaca pada paparan sinar matahari. Akibatnya bisa mengganggu penglihatan pengendara sehingga harus diganti dengan yang baru dan berkualitas

    • Visibilitas Terganggu

    Berapa lama kaca film mobil harus diganti? Secara umum, kaca film dapat bertahan 4-5 tahun dan akan mempengaruhi ketahanan kualitasnya yang semakin menurun. 

    Apabila kaca ini tidak diganti lebih dari waktu tersebut, maka bisa mengganggu visibilitas pengemudi maupun penumpang.

    Visibilitas yang terganggu akan membuat aktivitas berkendara menjadi tidak nyaman dan sangat berbahaya. Maka dari itu penting sekali untuk mengganti kaca mobil jika sudah menunjukkan tanda seperti ini.

    • Warna Biru atau Ungu

    Ciri-ciri lain yang bisa Anda periksa secara kasat mata adalah tampilan warna kaca yang berubah menjadi biru atau ungu. Jika sudah seperti ini bisa saja berefek pada kualitas kaca yang mengelupas dan mengurangi ketahanan terhadap sinar matahari.

    Tanda seperti ini bisa menjadi indikasi bahwa kaca film harus segera diganti agar mampu melindungi kabin mobil seperti sedia kala. 

    Agar kaca film mobil dapat bertahan dengan lama, maka Anda juga harus melakukan perawatan yang tepat. Hal ini berguna agar tidak merusak daya tolak sinar UV.

    • Udara Mobil Memanas

    Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kaca film berguna untuk melindungi kabin dari panas sehingga membuat suhu di dalam tetap dingin. Namun kondisi kaca film yang buruk akan membuat suhu ruang di dalam kabin terasa panas.

    Kondisi ini bisa Anda cek saat mobil diparkir di area yang terpapar cahaya matahari secara langsung. Jika tanda ini dialami pada kendaraan Anda, maka cek lama penggunaan kaca untuk diganti dengan yang baru.

    Demikian penjelasan apa saja tanda kaca film mobil harus diganti dengan yang baru untuk kendaraan Anda. Selain dapat membuat mobil terasa nyaman, cara ini juga berguna untuk meminimalisir risiko terhadap kecelakaan.