Berita

    Featured Image

    Cara Video dan Foto Cinematic Mobil

    Banyak orang menyukai mobil mulai dari mobil klasik, sampai mobil mewah seperti Mercedes atau Lamborghini. Tak heran jika dalam dunia fotografi dan videografi, industri otomotif menjadi pasar paling ramai. Lalu bagaimana cara foto cinematic mobil?

     

    Bagi Anda yang tertarik dengan dunia otomotif dan ingin mencoba membuat foto atau video cinematic, Anda bisa menemukan sudut mobil yang tepat, cahaya yang tepat serta background yang sesuai.

    Tips dan Cara Foto Cinematic Mobil

    Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan foto cinematic mobil:

    • Siapkan Peralatan

    Pertama Anda perlu menyiapkan peralatan yang dibutuhkan untuk menangkap gambar dan video. Anda tidak harus memiliki perangkat kamera yang mahal, Anda juga bisa memanfaatkan kamera ponsel seperti iPhone.

     

    Anda juga bisa menambahkan GoPro untuk memudahkan Anda dalam mengambil foto atau video close up sehingga Anda mendapatkan foto atau video dari sudut yang tepat. Selain itu, Anda juga bisa menyiapkan tripod untuk mendapatkan hasil foto yang stabil.

     

    Peralatan lain yang bisa Anda bawa yaitu seperti flashes, light limiter, lensa, dan cleaning tools. Apabila Anda akan mengambil gambar di luar ruangan, mungkin reflektor sudah cukup untuk mendapatkan cahaya alami. 

     

    Namun saat di dalam ruangan, tentu Anda memerlukan cahaya tambahan yang bisa Anda dapatkan dengan flashes. Adapun cleaning tools Anda butuhkan untuk membersihkan kamera apabila Anda mencoba merekam atau membidik foto mobil yang bergerak di luar ruangan.

    • Buat Storyboard/Moodboard

    Cara foto cinematic berikutnya untuk memudahkan Anda dalam mengembangkan tampilan yang diinginkan, maka Anda bisa membuat moodboard atau storyboard. Anda bisa membuat kisi-kisi dari karya Anda sebelumnya atau karya favorit Anda dari seniman lain.

    • Memilih Jenis atau Warna Mobil 

    Anda perlu memilih jenis mobil yang akan Anda rekam atau foto. Apakah mobil mewah atau mobil klasik. Kemudian jangan lupa untuk memilih warna mobil yang kontras dengan lokasi pengambilan gambar atau video.

    • Pilih Lokasi Pemotretan

    Kemudian Anda bisa memilih lokasi yang sesuai dengan jenis atau warna mobil. Misalnya jika Anda akan memotret mobil Jeep maka Anda bisa memilih lokasi yang memiliki medan bebatuan.

     

    Mobil berwarna hitam dan putih akan cocok dengan background apa saja. Untuk memudahkan, mobil berwarna gelap akan terlihat lebih bagus dengan background yang terang. Begitu pula sebaliknya.

     

    Pilih Lokasi Pemotretan untuk memfoto mobil

    Jason Yuen - Pexels.com

     

    Hati-hati juga jika Anda melakukan pemotretan di luar ruangan karena sinar matahari bisa membuat bayangan yang terlalu mencolok atau warna mobil menjadi pudar. 

    • Tangkap Semua Sudut

    Berikutnya Anda bisa memulai memotret/merekam mobil sesuai dengan storyboard atau moodboard yang sudah Anda buat. Anda bisa mencari terlebih dahulu sudut mobil mana yang terlihat bagus untuk dibidik.

     

    Sesudah Anda memotret dari sudut mobil yang bagus, Anda bisa memotret foto mobil secara close up mulai dari bagian roda, lampu depan, kaca spion, dan lainnya. Termasuk pula bagian interior mobil seperti kemudi, jok, dan lainnya.

     

    Untuk menghasilkan rekaman video mobil cinematic, Anda bisa merekam dengan rekaman lebar, medium atau close up. Selain itu Anda juga bisa memanfaatkan drone untuk merekam laju mobil yang bergerak dari atas. 

    • Atur dan Edit Foto dan Video 

    Terakhir yaitu Anda tinggal mengatur atau mengedit hasil tangkapan foto atau rekaman video mobil Anda. Tentu tidak semua hasil pemotretan harus Anda gunakan semuanya. Anda bisa memilih gambar yang paling bagus.

     

    Untuk proses editing bisa Anda lakukan menggunakan aplikasi seperti Adobe Photoshop Lightroom. Anda bisa menghapus beberapa elemen di foto yang kurang diperlukan dan menyesuaikan pencahayaan. Untuk video, jangan lupa untuk memasukkan audio yang sesuai dengan video mobil Anda.