Berita

    Featured Image

    Ada Perbaikan Jalan? Ini Tips Melewatinya dengan Aman

    Selain menimbulkan kemacetan, perbaikan jalan juga membuat pengendara jadi lebih berhati-hati. Sebaiknya Anda menyimak tips melewati lokasi perbaikan jalan, agar tidak ada kendala saat berkendala.

    Sebab, mengemudi melewati lokasi perbaikan jalan bisa menjadi pengalaman yang menantang. Pekerjaan perbaikan sering kali menyebabkan perubahan jalur, penurunan kecepatan, dan potensi bahaya lainnya. 

    Tips Melewati Lokasi Perbaikan Jalan

    Lokasi perbaikan jalan banyak sekali tantangan. Seperti pasir, lubang hingga genangan air. Untuk memastikan keselamatan dan menghindari kerusakan kendaraan, berikut adalah beberapa tips penting yang perlu diikuti saat melewati area perbaikan jalan:

    • Perhatikan Rambu dan Papan Informasi

    Sebelum memasuki area perbaikan jalan, perhatikan rambu dan papan informasi yang dipasang oleh petugas. Rambu ini memberikan petunjuk tentang batas kecepatan, jalur yang ditutup, dan perubahan jalur. Mengikuti petunjuk ini sangat penting untuk keselamatan Anda dan pengguna jalan lainnya.

    • Ikuti Instruksi Petugas

    Ikuti Instruksi Petugas perbaikan jalanFreepik.com

    Sering kali, di area perbaikan jalan terdapat petugas yang mengarahkan lalu lintas. Ikuti instruksi mereka dengan seksama. Sebab mereka ada di sana untuk memastikan kelancaran dan keselamatan lalu lintas di sekitar area perbaikan.

    • Kurangi Kecepatan

    Kecepatan adalah faktor kunci saat melewati area perbaikan jalan. Sebab, jalan yang rusak, pekerja di lokasi, dan perubahan jalur memerlukan perhatian ekstra untuk Anda saat berkendara. 

    Kurangi kecepatan Anda untuk memastikan Anda memiliki waktu yang cukup untuk bereaksi terhadap kondisi yang berubah dengan cepat. Kecepatan yang lebih rendah juga membantu mencegah kerusakan pada suspensi dan ban kendaraan.

    • Jaga Jarak Aman

    Menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan Anda juga tak kalah penting. Hal ini untuk memberikan Anda ruang dalam bereaksi jika kendaraan di depan tiba-tiba berhenti atau mengubah jalur. 

    Di area perbaikan jalan, situasi bisa berubah dengan cepat. Jadi pastikan Anda memiliki ruang yang cukup untuk bermanuver dengan aman.

    • Hindari Mengemudi di Jalur yang Baru Diperbaiki

    Jika memungkinkan, hindari mengemudi di jalur yang baru saja diperbaiki atau masih dalam proses perbaikan. Jalur ini mungkin belum sepenuhnya kering atau stabil, yang bisa menyebabkan kerusakan pada ban dan kendaraan Anda. 

    Ikuti jalur yang ditandai oleh petugas untuk memastikan keselamatan. Jangan menyerobot dan nekad melintasi jalur yang baru diperbaiki, supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan saat berkendara.

    • Gunakan Lampu Utama Saat Diperlukan

    Di beberapa lokasi perbaikan jalan, terutama di malam hari atau kondisi cuaca buruk, visibilitas bisa sangat terbatas. Menggunakan lampu utama kendaraan dapat membantu Anda melihat lebih jelas dan juga membuat Anda lebih terlihat oleh pekerja dan pengemudi lain.

    • Tetap Tenang dan Fokus 

    Anda harus fokus saat melintasi perbaikan jalan. Sebab seringkali ada beberapa hal yang bisa mengejutkan Anda saat berkendara. Misalnya kehadiran para pekerja yang tiba-tiba melintas dan lain sebagainya.

    Selain itu, mengemudi di area perbaikan jalan memerlukan kesabaran ekstra. Tetap tenang dan jangan terburu-buru. Keselamatan Anda dan pengguna jalan lainnya lebih penting daripada sampai di tujuan dengan cepat.

    Setelah melewati area perbaikan jalan, periksa kondisi kendaraan Anda. Perhatikan apakah ada kerusakan pada ban, suspensi, atau bagian bawah kendaraan. Jika ada indikasi kerusakan, segera bawa kendaraan ke bengkel untuk pemeriksaan lebih lanjut.