Berita

    Tips Memperpanjang Usia Mobil

    Setiap pemilik pasti ingin kendaraannya bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Itu sebabnya di internet bertebaran berbagai tips memperpanjang usia mobil seperti rutin mengganti oli, rajin mencuci mobil, dan lain sebagainya. 

    Kebiasaan-kebiasaan sederhana tersebut dinilai ampuh untuk meminimalisir terjadinya kerusakan parah pada kendaraan kesayangan. Sebenarnya, apa saja tips-tips untuk memperpanjang usia mobil tersebut? Berikut informasinya. 

    Mempelajari Berbagai Tips Memperpanjang Usia Mobil Kesayangan 

    Banyak yang belum menyadari bahwa kerusakan yang terjadi pada kendaraan berawal dari hal-hal yang terlihat kecil dan sederhana. Seperti, jarang dibersihkan membuat bodi cepat karat. 

    Agar mobil tetap awet dan memiliki performa yang bagus, ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan, antara lain: 

    • Jangan Lewatkan Servis Rutin

    Tips yang pertama adalah tidak melewatkan jadwal perawatan rutin. Ini wajib dilakukan agar semua komponen kendaraan tetap berjalan dengan baik. 

    Perawatan berkala ini tidak harus menunggu sampai mobil mengalami kerusakan seperti mogok atau terdengar suara yang keras dari kap mesin. 

    perawatan rutin mobilFreepik.com

    Jika mobil diservis sesuai jadwal, maka hal tersebut akan mengurangi potensi terjadinya kerusakan parah. Sebab, kerusakannya bisa terdeteksi dengan cepat saat melakukan servis rutin. 

    • Pengecekan dan Penggantian Oli secara Berkala

    Ini merupakan salah satu dari rangkaian perawatan rutin, Anda bisa mengecek dan menambah oli jika isinya telah berkurang. Caranya adalah dengan mencelupkan dipstick pada tabung oli mesin sampai cairan oli menempel pada dipstick tersebut. 

    Jika berada di huruf F, ini artinya oli masih dalam kondisi penuh namun jika berada di garis L, ini artinya Anda harus memasukkan oli hingga ke batas garis huruf F. 

    Namun jika telah tiba saatnya untuk melakukan penggantian oli, sebaiknya serahkan permasalahan ini kepada mekanik saat melakukan servis rutin. 

    • Mengemudi dengan Hati-hati

    Tips memperpanjang usia mobil berikutnya adalah dengan selalu berhati-hati ketika mengemudi. Hindari memacu kendaraan secara arogan tanpa melihat kondisi jalanan. 

    Sebab, mengemudi secara brutal hanya akan membuat kaki-kaki mobil dan komponen lainnya menjadi lebih cepat rusak. 

    Beberapa cara mengemudi yang bisa memperpanjang usia mobil diantaranya adalah dengan membatasi kecepatan kendaraan dan menghindari akselerasi tajam. 

    Selain itu, hindari mengemudi dalam keadaan emosi serta jangan biarkan tangki bensin dalam keadaan kosong ketika dikendarai.  

    • Gunakan Spare Part Asli

    Tips berikutnya agar usia mobil tidak semakin pendek adalah hindari membeli spare part palsu ketika ada komponen kendaraan yang harus diganti. Sebab, kualitasnya yang jauh di bawah standar spare part asli bisa mengganggu performa mobil. 

    Jika dipaksakan, hal tersebut hanya akan memperparah kondisi mobil sehingga membuat usianya rentan menjadi lebih pendek. 

    • Jangan Membawa Beban Melebihi Tonase

    Pada dasarnya, setiap kendaraan memiliki batas maksimal dalam mengangkut beban. Jadi, hindari membawa banyak barang yang terlampau berat karena bisa berdampak pada cepat ausnya komponen tertentu pada mobil. 

    Selain itu, mobil dengan beban berlebih cenderung boros dalam hal penggunaan bahan bakar. 

    • Jaga Kebersihan Mobil

    Rutin mencuci dan selalu menjaga kebersihan juga mempanjang usia mobil. Saat mencuci, jangan lupa bersihkan juga bagian dalam kabin, buang semua sampah, dan sedot debu yang menempel pada bagian dashboard

    • Perhatikan Detail Kecil

    Hal terakhir yang perlu dilakukan adalah memperhatikan setiap hal-hal kecil dan segera lakukan perbaikan. Misalnya saja, mengganti wiper jika karet wiper sudah keras, atau segera mencari sumber suara ketika mobil terdengar decitan pada mobil. 

    Itulah berbagai tips yang bisa diterapkan pada mobil kesayangan Anda. Intinya, jangan abai terhadap hal-hal kecil, lakukan perawatan secara berkala, dan segera lakukan perbaikan ketika menemukan kendala saat berkendara.