Berita

    Tips Aman! Cara Tepat Mengemudikan Mobil bagi Pemula

    Bagi sebagian pemula, mengemudi mobil mungkin merupakan hal cukup menakutkan. Namun, jika Anda sudah berlatih dengan baik, maka kekhawatiran dapat diminimalisir. Selain itu, berbagai tips mengemudi aman juga dapat menjadi referensi.

    Intip penjelasan dalam artikel ini untuk mendapatkan berbagai tips aman bagi para pengemudi mobil. Pastikan Anda dapat menyetir dengan lebih percaya diri, namun tetap memperhatikan aspek keselamatan!

    Tips Mengemudi Aman

    Ketika sedang mengemudi, keamanan dan keselamatan sudah pasti menjadi hal utama yang tidak boleh diremehkan. Berikut adalah berbagai tips yang bisa membantu Anda untuk tetap menjaga keamanan berkendara, terlebih bagi para pemula.

    • Pahami Cara Operasional dan Berbagai Fitur Mobil

    Ketika akan berkendara, maka hal yang penting untuk dipastikan yaitu Anda telah memahami cara operasional dari mobil Anda. Misalnya, menggunakan rem, memindahkan gigi, menyalakan lampu sein, dan sebagainya.

    Berbagai fitur pada mobil juga perlu dipahami dengan baik, sehingga dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan.

    • Ketahui dan Taati Peraturan Lalu Lintas

    Pengetahuan tentang aturan dan rambu lalu lintas tentu saja menjadi hal penting bagi setiap pengemudi, termasuk pengemudi pemula yang mungkin belum terlalu biasa dengan hal tersebut.

    Sebelum mulai mengemudi, pastikan Anda paham betul berbagai aturan yang harus ditaati, termasuk rambu dan lampu lalu lintas. Ketika sudah berada di jalan, patuhi berbagai aturan tersebut dengan baik.

    iStock

     

    • Pastikan Kondisi Mental dan Pikiran Siap

    Bagi para pemula, tips mengemudi aman yang tidak boleh dilupakan yaitu tentang kesiapan. Pastikan mental dan pikiran Anda berada dalam kondisi yang siap untuk mengemudi.

    Sebagai contoh, jangan mengemudi dalam kondisi pikiran yang kacau atau rasa takut yang berlebihan. Hal tersebut dapat menimbulkan berbagai risiko dalam perjalanan, termasuk risiko keselamatan.

    • Hindari Kecepatan Tinggi ketika Berkendara

    Jika Anda masih tergolong pemula, maka pengalaman berkendara cenderung masih sedikit. Maka dari itu, sebaiknya menghindari berkendara dengan kecepatan tinggi, karena bisa jadi Anda belum terlalu mahir untuk menghindari berbagai risiko.