Berita

    Cara Ampuh Menghilangkan Bau Rokok di Mobil

    Bau rokok di mobil dapat bertahan lama karena aromanya menempel di seluruh bagian interior kendaraan mulai dari jok, dashboard, hingga plafon mobil. Walau telah dibersihkan, terkadang bau dari asap rokok yang terlanjur melekat di kabin susah hilang. 

    Untuk menyingkirkan aroma tak sedap tersebut, Anda bisa menggunakan cara-cara alami atau yang non-alami. Ingin tahu apa saja cara jitu untuk menghilangkan aroma rokok yang melekat di mobil? Berikut penjelasannya! 

    Cara Efektif Menyingkirkan Bau Rokok di Mobil

    Mobil yang menebarkan aroma tak sedap seperti bau rokok membuat perjalanan menjadi terasa tidak nyaman, baik bagi pengemudi maupun bagi penumpang. 

    Untuk itu, Anda harus rajin membersihkan mobil setiap hari, terutama bagian kabin agar tidak menimbulkan bau yang tak sedap. .  

    Apabila terlanjur bau rokok, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Berikut cara jitu yang bisa Anda terapkan untuk menghilangkan bau rokok yang menempel di kabin mobil: 

    • Bersihkan Interior Mobil

    Cara efektif untuk menghilangkan aroma tak sedap di mobil adalah dengan membersihkan bagian interior secara menyeluruh. 

    Anda bisa menggunakan vacuum cleaner yang mampu membersihkan kabin mulai dari bagian bawah karpet hingga ke sela-sela tuas transmisi. 

    Selain itu, lap bagian kabin seperti kaca, jok, dashboard, dan langit-langit kabin menggunakan cairan pembersih khusus interior mobil. 

    Setelah bersih, biarkan kaca jendela dalam kondisi terbuka sebentar antara 5-10 menit agar sirkulasi udara berjalan lancar sekaligus menghilangkan bau rokok yang masih tersisa. 

    • Membuang Sampah 

    Cara kedua agar mobil bebas dari berbagai baru yang tak sedap adalah rutin membuang sampah dan tidak membiarkannya sampai menginap di dalam mobil. Selain mengundang tikus dan serangga, sampah yang tertinggal akan membuat 

    • Bersihkan Sistem Sirkulasi 

    Bau rokok di mobil tidak hanya melekat pada bagian kabin saja, tetapi aroma tak sedap tersebut juga bisa masuk hingga ke sistem sirkulasi udara. Apabila ini terjadi, ada cara yang efektif untuk menghilangkan aroma tak sedap tersebut. 

    Solusinya adalah dengan memarkirkan mobil di tempat yang terbuka, namun pastikan area tersebut tidak banyak debu. Kemudian, buka semua pintu mobil lalu nyalakan mesinnya.