Berita

    Simak Gejala Kerusakan Pada Rack Steer

    Saat ingin berpergian, memeriksa komponen mobil sangat penting untuk dilakukan. Untuk mengemudikan mobil, diperlukan setir yang terhubung dengan kaki-kaki mobil. Karenanya, dibuatlah rack steer yang dijadikan penghubung antara dua komponen tersebut.

    Penghubung ini dapat membantu setir untuk menggerakkan ban mobil. Jika setir tidak dapat membuat ban mengikuti arah putarnya, ini menandakan bahwa telah terjadi masalah pada bagian penghubung tersebut.

    Tanda Rack Steer Rusak

    Anda harus bersiap-siap mengeluarkan banyak biaya ketika steering rack rusak. Kerusakan pada komponen penghubung ini dapat menghambat power steering bekerja. Untuk itu, Anda dapat melihat tanda starter steer rusak pada penjelasan berikut ini.

    • Setir Mengeluarkan Bunyi Tidak Wajar

    Setir adalah adalah komponen yang digunakan untuk mengarahkan ban mobil dan tidak mengeluarkan bunyi. Karenanya, ketika terdengar suara aneh, hal itu bisa menandakan telah terjadi kerusakan pada komponen penghubung antara setir dan kaki-kaki mobil.

    Suara dapat terdengar sangat jelas ketika dibawa dengan kecepatan lambat. Bunyi yang dikeluarkan dapat mirip seperti suara berdengung. 

    • Timbul Getaran pada Setir

    Anda dapat melakukan pemeriksaan untuk mengetahui apakah steering rack mempunyai masalah atau tidak. Salah satu caranya adalah dengan menghabiskan putaran pada setir sambil digoyangkan pelan-pelan. Setir akan bergetar jika terjadi masalah pada komponen penghubung tersebut.

    • Setir Tidak Bisa Dikendalikan

    Setir yang tidak terkendali adalah tanda rack steer rusak. Maksudnya adalah ketika mobil berjalan lurus setir tetap berbelok ke kanan atau ke kiri. Kondisi ini tentunya dapat membahayakan sehingga harus segera diperbaiki.

    • Setir Terasa Berat Saat Dibelokkan

    Power steering yang tidak bekerja secara maksimal dapat membuat setir berat saat digerakkan. Hal tersebut dapat disebabkan oleh steering rack yang bermasalah. 

    • Terjadi Kebocoran pada Seal

    Jika Anda menemukan oli yang tercecer di bagian seal, hal tersebut dapat dijadikan tanda telah terjadi kerusakan pada steering rack.

    • Harmonika dan Gigi Pinion Tumpul

    Debu dapat membuat pelumas pada gigi pinion dan harmonika menipis bahkan sampai habis. Hal ini dapat membuat kedua komponen ini tumpul akibat gesekan yang terjadi saat mobil bergerak. Akibatnya, steering rack dapat mengalami kerusakan.

    Alasan yang Menyebabkan Munculnya Tanda Rack Steer Rusak

    • Terlalu Banyak Menempuh Jalan Berlubang