Berita

    Perbedaan Ban Tubeless dan Ban Biasa serta Harganya

    Ban tubeless dan ban non tubeless masih menjadi komponen yang paling dicari oleh masyarakat ketika ingin mengganti atau membeli ban. Selain itu, masyarakat juga masih bingung untuk membedakan kedua jenis ban tersebut.

    Untuk Anda yang sering mengendarai kendaraan pribadi seperti motor atau mobil. Maka wajib untuk mengetahui perbedaan antara keduanya. Selain perbedaan harga, terdapat perbedaan lain yang perlu diketahui.

    Ada 5 hal yang dapat membantu Anda untuk membedakan antara ban jenis tubeless dan ban jenis biasa/non tubeless. Hal-hal ini dapat Anda pelajari sebelum membeli atau memilih ban. Berikut ini penjelasannya.

    Aspek Perbedaan Ban Tubeless dan Ban Biasa

    Membedakan kedua jenis ban sebenarnya mudah, karena Anda dapat membedakan dari beberapa aspek fisik dari kedua jenis tersebut. Namun, ada berbagai aspek lainnya yang wajib Anda ketahui di dalam membedakan jenis-jenis ban.

    Untuk membedakannya, Anda dapat menyimak 5 aspek yang membedakan antara ban jenis tubeless dan ban jenis biasa berikut ini:

            1. Material Pembuatan Ban

    Membedakan antara ban jenis tubeless dan biasa dapat dengan mudah dilihat dari aspek material pembuatan ban. Pada ban jenis tubeless, material yang digunakan memang masih material karet. Namun, yang membedakan adalah adanya lapisan fluid sealant yang membuat ban lebih rapat.

    Sedangkan, jika ban jenis biasa/non tubeless tidak memiliki lapisan tersebut. Akibatnya, ban jenis tubeless lebih tahan dan cepat rapat apabila terkena benda tajam. Berbeda halnya dengan ban jenis biasa yang tidak memiliki kemampuan tersebut.

            2. Daya Ketahanan Ban

    Aspek kedua yang membedakan antara ban tubeless dan ban biasa adalah daya tahan atau durability dari kedua jenis ban tersebut. Sudah banyak dibuktikan jika ban jenis tubeless lebih tahan dan kuat dibandingkan ban jenis biasa.

    Banyak pengguna yang berpendapat bahwa ban jenis tubeless lebih awet dan kuat untuk menerjang medan apapun. Namun, hal ini tergantung pemakaian Anda sehari-hari dalam mengendarai motor atau mobil.

            3. Aspek Harga Jenis Ban

    Jika dilihat dari aspek harga, memang ban jenis tubeless lebih mahal daripada ban jenis biasa. Hal ini dikarenakan keunggulan ban jenis tubeless yang tidak dimiliki oleh ban jenis biasa. Perbedaan yang signifikan ini sangat sepadan dengan kualitas yang tersedia.

    Misal, harga ban jenis tubeless untuk motor matic kira-kira pada angka Rp 200 ribu hingga Rp 500 ribu. Sedangkan, untuk harga ban jenis biasa berada pada angka Rp 100 ribu hingga Rp 200 ribu saja. Perbedaan harga tersebut memang sesuai dengan kualitas dan material kedua jenis ban.