Berita

    Featured Image

    Anti Gagal! Ini Tips Memilih Sarung Setir Mobil

    Sarung setir mobil tidak hanya berfungsi sebagai dekorasi, tapi juga untuk melindungi permukaan setir dari goresan. Di pasaran, ada banyak model sarung setir yang bisa dibeli. Saking banyaknya, kadang membuat semakin bingung untuk menentukan pilihan.

    Saat membeli sarung setir, jangan melihat dari desain dan modelnya saja, tapi pertimbangan juga bahan dan kenyamanannya. Agar tidak salah memilih sarung setir, coba ikuti tips-tips berikut ini. 

    Tips Memilih Sarung Setir Mobil yang Bagus dan Nyaman

    Dalam memilih sarung setir, hal penting yang harus diutamakan adalah kenyamanan dan tingkat ketahanannya. 

    Percuma desainnya bagus kalau barangnya cepat rusak dan tidak nyaman di tangan. Untuk mendapat sarung setir yang tepat, Anda bisa mengikuti tips di bawah ini.

    • Pertimbangan Bahan Pembuatannya

    Jenis bahan pembuatan sarung setir terdiri dari beberapa material. Masing-masing bahan memiliki keunggulan dan kekurangan jadi Anda perlu menyesuaikannya dengan kebutuhan. Berikut rincian jenis-jenis bahan pembuatan sarung setir:

    1. Kulit sintetis: Kelebihannya memiliki tampilan elegan karena menyerupai kulit asli dengan harga yang jauh lebih murah. Kekurangannya terletak pada daya tahannya yang tidak seawet sarung setir dari kulit asli. 

    2. Kulit asli: Kelebihannya memiliki tingkat ketahanan yang tinggi dan memberikan kesan mewah pada interior mobil. Kekurangannya yakni harganya yang tergolong cukup mahal dibandingkan jenis sarung setir lainnya.

    3. Rajutan: Kelebihannya memiliki tampilan yang unik dan stylish  sehingga membuat interior mobil semakin terlihat estetik. Tidak hanya itu, sarung setir dari bahan rajutan juga cukup nyaman di tangan. 

    4. Kain: Kelebihannya tersedia dalam pola, warna, dan tekstur yang beragam dan harganya relatif lebih murah.  

    • Sesuaikan Ukurannya

    Ukuran sarung setir mobil umumnya dijual dalam dua pilihan yaitu, tipe S (berdiameter 35-37 cm) dan tipe M (berdiameter 37-39 cm). 

    Sebelum membeli, pastikan sudah mengukur diameter setir mobil dengan alat ukur yang akurat agar tidak salah pilih ukuran. 

    Jika setir mobil Anda berbentuk oval atau seperti huruf D, maka perlu memesannya secara khusus (custom), supaya bentuk dan ukurannya pas saat dipasang di permukaan setir. 

    • Sesuaikan Desainnya dengan Interior Mobil

    Selain berguna melindungi permukaan setir, aksesoris ini juga memiliki fungsi lain yaitu untuk mempercantik interior mobil. Agar sarung setir terlihat menyatu dengan konsep interior, maka pemilihan desainnya harus dipertimbangkan secara matang.

    Jika ingin menampilkan kesan maskulin, Anda bisa memilih desain sarung setir yang sporty. Jika menginginkan tampilan yang timeless dan classic, model cover setir berbahan kulit bisa menjadi pilihan yang tepat. 

    • Utamakan Kenyamanan

    Meski estetika penting untuk mempercantik tampilan interior mobil, tapi jangan lupa mempertimbangkan kenyamanan. 

    Pilih bahan yang lembut dan tidak licin agar menyaman saat digenggam tangan ketika menyetir terutama saat menempuh perjalanan jarak jauh.

    Beberapa jenis sarung setir ada yang sudah dilengkapi padding tambahan untuk memberi ekstra kenyamanan. Agar lebih tepat, sebaiknya beli secara offline agar Anda bisa mencobanya secara langsung.

    • Pertimbangan Ketahanan dan Cara Perawatannya

    Jika ingin lebih praktis, pilih sarung setir yang mudah dibersihkan dan tidak membutuhkan perawatan khusus. Selain itu, pertimbangan juga daya tahannya agar bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.

    Itulah tadi panduan membeli sarung setir mobil yang tepat dengan tips-tips tersebut Anda akan lebih mudah menentukan cover setir yang cocok.