Mengenal Komponen dan Fungsi Kepala Silinder Pada Mobil

Ketika mobil Anda mengalami masalah, salah satu bagian mesin yang harus diperiksa adalah kepala silinder atau cylinder head beserta dengan komponen-komponennya.
Dengan memahami setiap bagian mesin akan membuat Anda mengerti apa yang harus dilakukan ketika terjadi kendala pada mobil. Minimal, Anda bisa melakukan tindakan darurat sebelum membawanya ke bengkel resmi terdekat.
Kondisi mesin yang terawat tentunya membuat performa mobil semakin prima. Salah satu caranya adalah dengan menjaga fungsi kepala silinder mobil dan komponen-komponennya tetap prima. Berikut ulasannya.
Fungsi Cylinder Head
Sesuai dengan namanya, posisinya berada di dalam blok silinder yang diikat dengan baut. Beberapa fungsi yang ada pada cylinder head diantaranya adalah sebagai berikut:
- Tempat Pemasangan Busi (Spark Plug)
Busi merupakan salah satu komponen pada cylinder head yang berguna sebagai pemantik api agar terjadi proses pembakaran di dalam ruang bakar.
- Tempat Pembakaran Mesin
Fungsi yang kedua adalah sebagai ruang pembakaran mesin untuk mengkombinasikan udara dan bahan bakar agar mesin mobil bisa bekerja dengan baik. Bentuknya sangat bervariasi karena disesuaikan dengan karakteristik mesin.
Ada yang bentuknya segitiga siku-siku (wedge), segitiga sama kaki (pentroof), dan parabola (hemispheric). Perbedaan tersebut berfungsi agar proses pembakaran yang terjadi dan tenaga yang dihasilkan bisa lebih maksimal.
- Tempat Air Pendingin Bersirkulasi
Fungsi kepala silinder yang ketiga adalah sebagai tempat air pendingin bersirkulasi yang melewati water jacket.
Suhu mesin yang naik akibat proses pembakaran yang terjadi akan menjadi stabil (tidak overheat)pada saat ada air pendingin dengan water jacket.
- Tempat Oli Pelumas
Fungsi yang keempat adalah sebagai wadah oli pelumas yang bertugas untuk mengalirkan oli agar setiap komponen katup yang ada di kepala silinder bisa terlumasi dengan baik serta mencegah terjadinya aus.
- Saluran Intake dan Exhaust
Fungsi yang kelima adalah menjadi saluran atau tempat intake dan exhaust. Saluran intake memiliki fungsi sebagai pintu masuk udara ke dalam ruang bakar sedangkan exhaust merupakan kanal pembuangan asap hasil sisa pembakaran.
Komponen Cylinder Head
Setelah mengenal fungsi kepala silinder mobil, saatnya untuk mempelajari bagian komponennya yang terdiri dari:
- Spark plug (busi) = Penghasil loncatan bunga api yang dibutuhkan untuk pembakaran hasil kombinasi antara udara dan bahan bakar.
- Adjusting shim (Rocker Arm) = Penyetel celah katup intake manifold dan exhaust manifold.
- Valve Guide = Penghantar gerakan naik turun katup secara presisi.
- Oil Seal = Berguna sebagai perapat oli agar tidak masuk ke ruang bakar.
- Valve Seat = Tempat dudukan kepala katup (valve)..
- Valve Keeper = Pengunci di antara setiap katup dengan pegas katup.
- Gasket = Sekat antara blok silinder dengan cylinder head agar tidak terjadi kebocoran.
- Water Jacket = Jalur air pendingin radiator yang berguna untuk mendinginkan mesin.
- Combustion Chamber = Tempat pembakaran bahan bakar.
- Valve Lifter = Pengangkat katup.
- Intake Manifold = Jalur masuk bahan bakar dari karburator ke ruang bakar.
- Exhaust Manifold = Jalur bahan bakar dari sisa-sisa gas pembakaran.
- Oil Feed = Saluran oli untuk melumasi setiap komponen yang ada di cylinder head
- Coolant Feed = Saluran air pendingin yang disirkulasikan water pump.
- Head Cylinder Cover = Bagian penutup yang berfungsi sebagai penutup sekaligus pelindung oli yang dipompa agar tidak keluar jalur.
Intinya, penting bagi Anda untuk mempelajari fungsi kepala silinder pada mobil dan komponen-komponen yang ada di dalamnya. Apabila terdeteksi adanya kerusakan pada mesin, bawalah ke bengkel resmi Suzuki agar bisa segera dilakukan perbaikan. Jadwalkan kunjungan service anda melalui website https://suzukiaceh.co.id/ & dapatkan jadwal yang sesuai dengan keinginan anda