Berita

    Ketahui Manfaat Asuransi Mobil Mulai dari Sekarang

    Asuransi mobil terkadang masih dianggap sebelah mata oleh para pemilik kendaraan. Padahal, manfaat asuransi mobil ini sangat banyak. Mereka berpikir jika asuransi mobil ini tidak begitu penting karena mereka dapat mengendarai mobil dengan hati-hati.

    Memiliki asuransi mobil itu sangat penting, karena dapat melindungi Anda dari hal-hal yang tidak diinginkan di masa depan. Seperti kecelakaan, atau bahkan kehilangan mobil. Oleh karena itu, di sini akan dibahas apa jenis asuransi mobil dan manfaat masing-masing dari polisnya.

    Manfaat Asuransi Kendaraan secara Umum

    Sekilas, manfaat dari asuransi kendaraan akan mirip dengan asuransi jiwa pada umumnya, yaitu melindungi Anda dari berbagai risiko. Beberapa manfaatnya yaitu sebagai berikut.

    1. Menanggung Biaya Perbaikan Mobil saat Ada Kerusakan

    Manfaat yang paling umum yaitu menanggung biaya perbaikan kerusakan mobil yang terjadi oleh berbagai sebab seperti kecelakaan, kebakaran, tergelincir, dan lain-lain. Sehingga pemilik kendaraan tidak akan mengalami kerugian.

            2. Memberi Perlindungan Jika Terjadi Pencurian Mobil

    Kejadian pencurian mobil dapat menimpa siapa saja. Dengan adanya asuransi mobil, kamu bisa mengajukan klaim mobil hilang dan  mendapat penggantian mobil dengan unit baru.

            3. Merencanakan Keuangan

    Untuk menghindari kerugian akibat risiko kerusakan yang tinggi, sebaiknya Anda mengikuti asuransi mobil. Dengan asuransi, Anda akan terbebas dari biaya ekstra yang sewaktu-waktu dapat dikeluarkan. 

    Jenis dan Manfaat Asuransi Mobil 

    Pasti tidak sedikit orang yang masih awam dengan jenis-jenis asuransi mobil, apalagi manfaat dari masing-masing jenis asuransi tersebut. Kini saatnya Anda tahu jenis dan manfaat dari asuransi mobil. Berikut kami bahas lengkap satu per satu.

    1. Asuransi Total Loss Only

    Sesuai dengan namanya, jenis asuransi total loss only atau disingkat TLO ini memiliki manfaat yaitu asuransi dapat diklaim jika terjadi kehilangan mobil secara total. Bisa jadi karena pencurian atau kerusakan yang parah.

    Kerusakan mobil yang dimaksud yaitu di atas 75%. Tolak ukur ini digunakan sebab mobil sudah pasti tidak dapat digunakan lagi. Biaya premi yang dipatok untuk asuransi TLO ini lebih murah, sehingga Anda dapat lebih berhemat.

    Bagaimana tidak, bahkan ada beberapa jasa asuransi mobil yang menawarkan premi mulai dari Rp 35.000 saja per bulan. Sehingga, jika Anda memiliki mobil bekas yang usianya masih di bawah 10 tahun, sebaiknya mengambil jenis asuransi ini.