Berita

    Tips Merawat Kaca Mobil agar Tidak Kusam

    Kaca mobil yang bersih dan jernih adalah faktor penting untuk kenyamanan dan keselamatan berkendara. Namun, seiring waktu, kaca pada mobil dapat menjadi kusam akibat debu, kotoran, dan kerak yang menempel. 

    Untuk menjaganya tetap bersih dan jernih, Anda harus melakukan perawatan. Tentu saja ini tidak mudah dan butuh ketelatenan. Supaya Anda juga tidak perlu mengganti kaca pada mobil karena tidak terawat.

    Cara Membuat Kaca Mobil Tidak Kusam

    Salah satu aspek keselamatan berkendara adalah memastikan visibilitas baik. Mulai dari kaca pada mobil, lampu kendaraan dan lain sebagainya. 

    Pada kaca kendaraan misalnya, pastikan tidak ada kotoran atau noda yang menempel. Supaya tidak mengganggu pandangan mata Anda. Berikut adalah beberapa tips merawat kaca pada mobil agar tidak kusam:

    • Rutin Membersihkan Kaca Kendaraan

    Membersihkan kaca kendaraan secara rutin adalah langkah dasar dalam merawatnya agar tidak kusam. Gunakan pembersih kaca kendaraan yang diformulasikan khusus untuk menghilangkan debu, noda air hujan, dan kotoran lainnya. Pastikan untuk membersihkan kaca secara menyeluruh, termasuk bagian dalam dan luar kaca!

    • Hindari Pembersih Kaca dengan Bahan Abrasif

    Pemilihan pembersih kaca yang tepat juga berperan penting. Hindari menggunakan pembersih dengan bahan abrasif yang dapat merusak lapisan pelindung kaca. Gunakan pembersih yang lembut dan dirancang khusus untuk kaca pada mobil, agar tetap bersih tanpa merusak permukaannya.

    • Lindungi Kaca dari Paparan Sinar Matahari Langsung

    Paparan sinar matahari langsung dapat merusak kaca mobil dan menyebabkan kusam. Cobalah untuk memarkir mobil di tempat yang teduh atau gunakan penutup kaca ketika tidak digunakan. Langkah ini dapat membantu melindungi kaca dari kerusakan akibat sinar UV dan menjaga kejernihan kaca.

    • Gunakan Mikrofiber atau Kain Lembut

    Saat membersihkan kaca kendaraan, gunakan kain mikrofiber atau kain yang lembut untuk menghindari risiko goresan, atau kerusakan pada kaca. 

     

    membersihkan kacaFreepik.com

    Kain ini dapat membantu membersihkan dengan lebih efisien dan tidak meninggalkan serat atau goresan yang dapat mengganggu visibilitas.

    • Pilih Penghilang Baret Kaca

    Tahukah Anda jika sudah ada produk untuk menghilangkan baret kaca pada mobil? Apabila menemui goresan kecil, Anda bisa gunakan bahan ini. Oleskan pada permukaan kaca, dan gosok sesuai dengan anjuran pada produk.

    • Perhatikan Wiper Mobil

    Tak luput dari perhatian Anda adalah kualitas wiper mobil. Pastikan jika karetnya masih aman untuk membantu membersihkan jejak air pada kaca. Apabila sudah aus atau rusak, sebaiknya segera ganti supaya wiper tidak meninggalkan jejak goresan pada kaca kendaraan Anda.

    • Pasang Anti Gores

    Sama seperti handphone, ada kaca anti gores yang bisa membantu mengurangi goresan pada mobil Anda. Produk ini bekerja dengan mengurangi tumpukan kotoran, air hujan hingga jamur pada kaca. Sehingga ketika nanti dibersihkan akan lebih mudah.

    • Perhatikan Pengaturan Kondisi AC

    Kondisi AC yang baik dapat membantu mencegah embun dan uap air mengendap pada kaca kendaraan.  Pastikan sistem AC mobil Anda berfungsi dengan baik untuk mengurangi kelembaban di dalam mobil. Kelembapan yang tinggi dapat menyebabkan kaca menjadi berkabut dan akhirnya kusam.