Berita

    Featured Image

    Orang Tua Anda Aktif Mengemudi? Selalu Sediakan Hal Ini di Mobil

    Tips mengemudi kali ini akan membahas mengenai barang-barang yang wajib ada di mobil. Ini cocok bagi orang tua yang masih aktif menggunakan mobil sebagai kendaraan utamanya. Bila itu orang tua Anda, maka sebaiknya sediakan barang yang akan dibahas berikut ini di dalam mobilnya.

    Bukan hanya demi kenyamanan dan keamanan, namun juga demi menghadapi situasi tidak terduga. Apa sajakah barang wajib tersebut? Simak selengkapnya di bawah ini!

    Tips Mengemudi bagi Orang Tua: 7 Jenis Barang Wajib di Mobil

    Mempersiapkan mobil orang tua dengan berbagai barang wajib berikut ini membuat Anda lebih percaya diri membiarkan mereka mengemudi di jalan raya:

    • Peralatan P3K

    P3K atau Pertolongan Pertama pada Kecelakaan adalah barang yang wajib disimpan di mobil. Kotak ini umumnya terdiri dari barang-barang seperti:

    1. Obat-obatan;

    2. Kasa steril;

    3. Kasa gulung;

    4. Kapas;

    5. Pinset;

    6. Cairan antiseptik;

    7. Plester;

    8. Gunting kasa;

    9. Kompres instan;

    10. Sarung tangan;

    11. Senter.  

    Untuk obat-obatan, sebaiknya sesuaikan dengan penyakit yang diderita orang tua Anda. Ini krusial terutama saat mereka berkendara menuju tempat yang agak jauh. Pastikan Anda menyimpannya di tempat yang kering dan terhindar dari matahari langsung.

    • Makanan dan Minuman

    Makanan ringan seperti buah kering, kacang-kacangan, hingga energy bar yang tidak mudah rusak bisa menjadi penahan lapar di saat terjebak macet. Minuman sesederhana air putih pun sebaiknya tersedia demi memastikan orang tua tetap terhidrasi selama perjalanan.

    • Perlengkapan Pelindung Matahari

    Barang-barang wajib berikutnya adalah pelindung matahari. Contohnya, kacamata hitam, tabir surya, hingga topi. Ini penting khususnya ketika orang tua Anda mengemudi di siang hari, mengingat suhu di siang hari saat ini sudah semakin panas.

    • Kabel Jumper

    Barang teknis pertama yang esensial adalah kabel jumper. Anda wajib menyimpan alat ini pada mobil agar bisa digunakan ketika mobil mogok akibat aki soak. Ketika mobil mogok, Anda bisa mengatasinya dengan teknik jumper.

    Teknik tersebut akan mengalirkan listrik yang berasal dari satu baterai aki normal ke baterai aki soak agar bisa terisi lagi. Jadi, mobil bisa distarter dan berjalan lagi.

    • Charger USB

    Tips mengemudi yang wajib diperhatikan adalah selalu membawa charger atau pengisi daya USB untuk smartphone. Sebab, smartphone sangat penting untuk mendukung kelancaran mengemudi. 

    Terutama untuk keperluan seperti penunjuk arah jalan dengan GPS hingga komunikasi dengan keluarga. Itulah mengapa, charger USB akan diperlukan agar baterai smartphone yang tinggal sedikit bisa terisi kembali. Mengemudi pun jadi lebih tenang tanpa khawatir baterai smartphone habis.

    • Ban Cadangan, Dongkrak, dan Kunci Roda

    Selanjutnya, Anda wajib melengkapi mobil dengan ban cadangan mengingat ban merupakan komponen terpenting mobil. Ini sebagai bentuk antisipasi apabila terjadi ban bocor di tengah jalan. 

    Barang teknis lain yang diperlukan untuk mendukung ban cadangan adalah dongkrak serta kunci roda. Kedua barang tersebut sangat bermanfaat karena akan memudahkan proses penggantian ban. 

    Bila tidak memiliki dongkrak serta kunci roda, maka mengganti ban pun akan sangat sulit dilakukan. Jadi, ketiga barang tersebut adalahs satu paket yang saling melengkapi. 

    • Barang Keselamatan Ekstra 

    Anda bisa melengkapi mobil dengan kamera dashboard yang dapat merekam perjalanan yang dilalui oleh orang tua ketika mengemudi. Ini menjadi barang keselamatan ekstra yang akan benar-benar menyelamatkan orang tua Anda ketika mengalami kejadian tidak mengenakkan. 

    Selain itu, Anda bisa menambahkan barang lainnya seperti alat kejut listrik hingga pepper spray. Jadi, orang tua Anda bisa melindungi diri bila berhadapan dengan orang-orang berbahaya.