Berita

    Sangat Mudah, Ini Cara Cek Pemilik Plat Nomor Mobil Online

    Kemajuan teknologi informasi, semakin mempermudah masyarakat untuk mengakses ragam informasi yang dibutuhkan. Saat ini seseorang sudah dapat mengecek plat nomor mobil bahkan nama pemiliknya secara online.

    Dengan mengakses website resmi Samsat, Anda bisa mengakses secara rinci informasi mobil tertentu mulai dari merk, tipe, warna, tahun pembuatan, masa berlaku pajak kendaraan, hingga nama pemiliknya.

    Perangkat ini sangat membantu kepolisian dan masyarakat yang terkena tilang elektronik, untuk mengecek data pelanggaran, jenis pelanggaran hingga lokasinya, sehingga memudahkan penyelesaian masalah tersebut. Bagaimana cara mengakses informasi tersebut

    1. Akses Website Samsat

    Untuk pengecekan sebuah mobil, Anda bisa melakukannya di website Samsat. Sistem ini sudah terintegrasi secara online, sehingga masyarakat bisa mengeceknya dari manapun dan kapanpun dia mau.

    Saat ini website Samsat dari berbagai provinsi sudah bersinergi secara data, sehingga masyarakat bisa mengetahui pemilik mobil hingga plat nomor mobil yang ingin dicari. Ini sangat memudahkan berbagai hal. Apalagi berkaitan dengan kriminal.

    Sebagai contoh, untuk mencari plat nomor di daerah banten tinggal mengakses http://ditlantas.banten.polri.go.id/e-samsat-nasional/. Bila ada mobil atau motor yang bermasalah Anda tinggal menghafalkan platnya, lalu dimasukan ke website, secara otomatis semua datanya akan ketahuan.

    2. Aplikasi Smartphone

    Akses terbuka lainnya untuk pengecekan plat nomor mobil dan siapa pemiliknya, juga dapat dilakukan dengan berbagai aplikasi yang dikembangkan di setiap daerah. Untuk mengakses informasi yang dibutuhkan, Anda hanya perlu terkoneksi jaringan internet

    Bila ingin mencari pemilik mobil sesuai daerah dan plat nomornya. Anda tinggal menginstal aplikasi sesuai dengan keperluan. Misalnya Anda ingin mencari kendaraan di Jawa Barat, tinggal masuk ke aplikasi SAMBARA, lalu memasukan plat nomor maka nama pemiliknya akan langsung muncul di smartphone kamu.

    Lain lagi dengan pengecekan plat nomor mobil. Untuk dapat mengecek plat nomor mobil melalui aplikasi, Anda tinggal menyesuaikan aplikasi daerah dengan kode plat nomor polisi yang tertera.

    3. Pakai SMS

    Pengecekan plat nomor kendaraan dan nama pemilik juga bisa dilakukan melalui pesan singkat atau SMS dari smartphone. Formatnya pun sederhana. Untuk pengecekan kendaraan di DKI Jakarta, tinggal ketik METRO Nopol lalu di kirim ke nomor layanan 1717.

    Misalnya untuk pengecekan pemilik kendaraan tinggal mengetik METRO B3619TRI. Pengecekan melalui SMS ini lebih cepat dan sederhana dan bisa dilakukan dimanapun, sehingga akan memudahkan masyarakat.